Peran pemerintah daerah dalam pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurbaya, Erlangga Yunus Ali (2023) Peran pemerintah daerah dalam pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Ngawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erlangga Yunus Ali Nurbaya_I91218071 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada dasarnya Kabupaten Ngawi memiliki keanekaragaman wisata yang tersebar di beberapa Kecamatan yang berupa wisata alam, wisata buatan, desa wisata dan wisata sejarah. Beberapa destinasi wisata di Kabupaten Ngawi antara lain Air Terjun Srambang, Taman Rekreasi Tawun, Taman Jamus, Air Terjun Pengantin, Desa Wisata Kayangan dan Museum Trinil yang berpotensi untuk menghasilkan pendapatan daerah dan pendapatan bagi masyarakat yang tinggal dekat dari industri pariwisata tersebut. Tujuan dari Penelitian ini ialah untuk mengetahui sejauh mana Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Potensi Pariwisata di Kabupaten Ngawi dan kendala apa saja yang membuat pariwisata Kabupaten Ngawi masih Kalah saing dengan daerah lain. Metode penelitian ini mengunakan metode Penelitian deskriptif Kualitatif dan memakai Implementasi Kebijakan, Tekhnik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi Untuk proses Analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan untuk proses keabsahan data peneliti mengunakan tekhnik Triangulasi tekhnik dan sumber. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Ngawi adalah melaksanakan penyusunan, pendataan, perencanaan, pengkoordinasian kegiatan, dan program kerja di bidang pariwisata upaya ini dilaksanakan dengan berpedoman pada Kebijakan Peraturan Daerah Kabupaten Ngawi Nomor 9 tahun 2020 tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Kabupate Ngawi (RIPPARKAB) Tahun 2020-2035 dan dalam pelaksanaanya terdapat kendala dalam penerapannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurbaya, Erlangga Yunus Alierlanggayunus10@gmail.comI91218071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYahya, Khoirulkhoirul_yahya09@yahoo.com2006027202
Subjects: Politik
Keywords: Peran Pemerintah Daerah; Pengembangan; Potensi Pariwisata
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Erlangga Yunus Ali Nurbaya
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:17
Last Modified: 22 Sep 2023 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65558

Actions (login required)

View Item View Item