Uji akurasi waktu gerhana dalam website solar eclipse calculator

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farah, Labibah Amil (2023) Uji akurasi waktu gerhana dalam website solar eclipse calculator. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Labibah Amil Farah_C96219047.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi berjudul Uji Akurasi Waktu Gerhana dalam Website Solar Eclipse Calculator menjawab dua rumusan masalah mengenai algoritma perhitungan gerhana Matahari yang digunakan website Solar Eclipse Calculator serta akurasi waktu gerhana Matahari pada Solar Eclipse Calculator dengan gerhana Matahari dalam siaran langsung Youtube. Penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan library research atau studi kepustakaan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah website Solar Eclipse Calculator sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini ialah buku Elements of Solar Eclipse 1951-2200 serta literatur-literatur berhubungan dengan perhitungan gerhana Matahari. Pengumpulan data dilakukan dengan memakai metode telaah pustakan dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya diolah kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menjawab rumusan masalah yang disebutkan di atas. Pertama, algoritma perhitungan gerhana Matahari yang digunakan dalam website Solar Eclipse Calculator didasarkan pada buku Elements of Solar Eclipse 1951-2200 karya Jean-Meeus. Kedua, data prediksi waktu gerhana dalam website Solar Eclipse Calculator yang dikomparasikan dengan hasil pengamatan fenomena gerhana Matahari dalam siaran langsung Youtube dinilai masih belum akurat karena memiliki meskipun hanya hitungan detik namun masih dapat dimaklumi. Hasil dari penelitian ini menjawab rumusan masalah yang disebutkan di atas. Pertama, algoritma perhitungan gerhana Matahari yang digunakan dalam website Solar Eclipse Calculator didasarkan pada buku Elements of Solar Eclipse 1951-2200 karya Jean-Meeus. Kedua, data prediksi waktu gerhana dalam website Solar Eclipse Calculator yang dikomparasikan dengan hasil pengamatan fenomena gerhana Matahari dalam siaran langsung Youtube dinilai masih belum akurat karena memiliki meskipun hanya hitungan detik namun masih dapat dimaklumi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farah, Labibah Amilfarahlabibah1011@gmail.comC96219047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, AgusUNSPECIFIED0716088604
Subjects: Astronomi
Hadis
Falak
Keywords: alogaritma, website, gerhana
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Labibah Amil Farah
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:55
Last Modified: 27 Sep 2023 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65559

Actions (login required)

View Item View Item