Konsep maqamat dalam kitab nahwu al-qulub karya imam al- qusyairi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Nurul (2023) Konsep maqamat dalam kitab nahwu al-qulub karya imam al- qusyairi. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Nurul Fauziyah_E97216042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang konsep maqamat dalam Kitab nahwu al-qulub karya Imam al-Qusyari. Tasawuf adalah suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta yang mana dalam pencapaian tersebut memiliki bebrapa konsep salah satunya adalah konsep maqamat. Konsep tersebut juga memiliki berbagai tahapan dan al-Qusyairi juga merupakan salah satu ulama yang membahas tentang maqamat dan memiliki berbagai macam karya salahsatunya adalah kitab Nahwu al-Qulub. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:1) bagaimana konsep maqamat dalam prespektif tasawuf? 2) apa saja konsep maqamat dalam kitab Nahwu al-Qulub? Tujuan dari penelitian ini adalah utuk mengetahui konsep maqamat yang terdapat dalam kitab Nahwu al-Qulub karya dari Imam al-Qusyairi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang cenderung menggunakan Analisa dengan pendekatan induktif. Sumber data dari penelitian ini di bagi menjadi dua yaitu data primer dan skunder. Data primer adalah sumber yang utama atau juga rujukan utama dalam penelitian atau karya ilmiah diantaranya adalah karya dari Imam al-Qusyairi nahwu al-qulub dan Risalah al-Qusyairiyah. Kemudian data skundernya menggunakan karya pendukung yang membahas dengan tema yang sama seperti penelitian yang mempunyai kredibilitas data yang memadai dengan tema yang telah dibahas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara mencari berbagai informasi melalui data arsip, karya tulis dan juga karya peninggalan yang didalamnya ada keterkaitan denfan pokok permasalahan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa adanya konsep maqamat dalam pembahasan kitab nahwu al-qulub yang telah disebutkan dalam penjelasan pembagian I’rab. Karena dalam pembagian i’rab menurut nahwulqulub merupakan pembahsan tentang maqamat yang mana di dalam pembagian itulah akan terdapat berbagai tahapan yang harus ditempuh oleh seseorang untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Nurulaizziyah.ziyah@gmail.comE97216042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@gmail.com2019107701
Subjects: Filsafat
Tasawuf
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Maqamat, nahwu al-qulub, Imam al-Qusyairi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nurul Fauziyah
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:41
Last Modified: 03 Oct 2023 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65567

Actions (login required)

View Item View Item