Kepemimpinan politik Nuruddin Zanki (1146-1174 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriannies, Aisyah Nur Qomariya (2023) Kepemimpinan politik Nuruddin Zanki (1146-1174 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Nur Qomariya Fitriannies_A92216057.pdf

Download (8MB)

Abstract

Nuruddin Zanki ialah sosok pemimpin umat Islam yang mampu menyatukan kembali kekuatan umat Islam. Berbagai upaya yang dilakukan untuk menyatukan kekuatan umat Islam menjadi satu demi tujuan yang sama yaitu melawan tentara pasukan Salib. Terjadinya Perang Salib II akibat kekalahan yang dialami oleh pasukan Salib I. Nuruddin Zanki sebagai sosok pemimpin yang cerdas dalam keuasaannya terutama dalam kepemimpinan politiknya. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini yaitu penelitian historis yang dibagi dalam beberapa metode yaitu Heuristik, Kritik Sumber (Verifikasi), Interpretasi, Historiografi dan Analisis data. Selain itu penulis juga menggunakan pendekatan politik menurut Kuntowijoyo, perhatian politik terhadap gejala-gejala masyarakat seperti pengaruh kekuasaan dan kebijakan, rekrutmen dan perilaku kepemimpinan. Teori yang digunakan yaitu Teori kepemimpinan menurut Hadari Nawawi dan Teori kebijakan menurut James E Anderson. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Nuruddin Zanki merupakan keturunan dari seorang attabik lDinasti Saljuk, ketegasannya dalam memimpin umat Islam mampu menyatukan kembali umat Islam dalam saltu kepemimpinan. 2) Nuruddin berhasil menguasai kerjaan-kerajaan tentara-tentara Salib yang berada di Yerussalem, Edessa, dan Antokiya serta menguasai benteng-benteng mereka. 3) Kepemimpinan politik yang dilakukan oleh Nuruddin terutama dalam bidang militer, agama, ekonomi, sosial, dan hukum cukup berpengaruh dalam perkembangan dunia Islam dan pengaruhnya terhadap pasukan tentara Salib

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriannies, Aisyah Nur Qomariyaaisyfitria20@gmail.comA92216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantosa, Nyong Eka Teguh Imannyongeka@uinsby.ac.id2022127603
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Nuruddin Zanki; perang salib; kepemimpinan politik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Aisyah Nur Qomariya Fitriannies
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:51
Last Modified: 29 Sep 2023 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65569

Actions (login required)

View Item View Item