Studi komparasi hasil rukyatulhilal menggunakan image processing Ahmad Junaidi dengan visibilitas hilal Kastner dari tahun 1439-1442 H

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaifuddin, Muhammad (2023) Studi komparasi hasil rukyatulhilal menggunakan image processing Ahmad Junaidi dengan visibilitas hilal Kastner dari tahun 1439-1442 H. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Syaifuddin_C96219058.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Studi Komparasi Hasil Rukyat Hilal Menggunakan Image Processing dengan Visibilitas Hilal Kasner dari Tahun 2018-2022 (Studi Kasus Hasil Pengamatan Bapak Ahmad Junaidi). Skripsi ini menjawab pertanyaan yang tertuang dalam rumusan masalah, meliputi: Bagaimana hasil data Rukyat Hilal oleh Ahmad Junaidi menggunakan Image Processing dari Tahun 2018-2022?, Bagaimana hasil komparasi Rukyat Hilal menggunakan Image Processing dengan Visibilitas Hilal Kastner?. Penulisan dalam penyusunan Skripsi ini, menggunakan jenis Penelitian kualitatif, metode penelitian ini yang dipergunakan seorang peneliti untuk meneliti sebuah kondisi objek yang alamiah, yang mana peneliti adalah instrumen kunci. Data primer yang digunakan penulis adalah hasil rukyat hilal menggunakan image processing dan hasil perhitungan visibilitas hilal Kastner dengan perangkat lunak spreadsheet dari tahun 2018-2022. Sedangkan data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk karya ilmiah seperti buku-buku, jurnal, artikel ataupun dokumen yang relevan dan berhubungan dengan topik penelitian yang akan dibahas. Teknik Pengumpulan data yang di gunakan adalah menggunakan metode dokumentasi hasil rukyat hilal menggunakan image processing dan wawancara dengan bapak Ahmad Junaidi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan beberapa informasi pengetahuan, fakta dan data. Dari beberapa proses pengumpulan data tersebut analisis penelitian dilakukan mengkompareasikan hasil rukyat hilal menggunakan image processing dengan hasil visibilitas hilal Kastner. Hasil penelitian menyimpulkan, Hasil perhitungan visibilitas hilal Kastner menggunakan spreadsheet mensajikam gambar grafik 4.9 – 4.24, hilal dapat terlihat apabila garis tren menunjukkan arah ke postif. Data visibilitas hilal Kastner memberi tiga garis tren, yang dimana beberapa garis tren tersebut kondisi atmosfer yang berbeda-beda untuk menunjukkan hilal terlihat dalam kondisi cuaca di langit ringan, sedang, dan berat. Komparasi hasil rukyat hilal menggunakan image processing dengan visibilitas hilal Kastner menunjukkan tidak ada kasus, yang mana data image processing dan hasil perhitungan visibilitas hilal Kastner sama-sama menunjukkan hilal terlihat. Penulis memberikan saran diperlukan Diperlukan pengolahan olah citra hilal dan menghasilkan image processing setiap bulan kamariah saat pelaksanaan rukyat hilal dilaksanakan. Diperlukan adanya penelitian lebih lanjut mengenai beberapa data visibilitas hilal Kastner untuk di kaji guna mengetahui faktor terlihat dan tidaknya hilal dengan data hasil rukyat hilal menggunakan image processing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaifuddin, Muhammadsyaifuddinjb15@gmail.comC96219058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Adiadidamanhuri@uinsby.ac.id0301118605
Subjects: Astronomi
Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Rukyat; hilal Kasner
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: muhammad syaifuddin syaifuddin
Date Deposited: 27 Sep 2023 05:46
Last Modified: 27 Sep 2023 05:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65571

Actions (login required)

View Item View Item