Menelusuri akuntabilitas tradisi tilik pada pengelolaan kas lembaga pendidikan TK Aisyiyah Bustanul Athfal 55 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilma, Rosihul (2023) Menelusuri akuntabilitas tradisi tilik pada pengelolaan kas lembaga pendidikan TK Aisyiyah Bustanul Athfal 55 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
RosihulIma_G92219119.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja akuntabilitas dalam tradisi tilik yang berjalan menggunakan kas dan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana kas Lembaga Pendidikan TK Aisyiyah Bustanul Athfal 55 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini ditemukan 4 akuntabilitas yaitu akuntabilitas terhadap tuhan, akuntabilitas terhadap manusia, akuntabilitas fisik, dan akuntabilitas profesi. Akuntabilitas terhadap tuhan ditunjukkan dengan bagaimana guru-guru TK Aisyiyah menjalankan seluruh aktivitasnya dengan penuh kesadaran bahwa mereka hidup untuk mencari ridho Allah SWT, akuntabilitas terhadap manusia banyak terlihat dalam prosesi tradisi tilik dalam TK Aisyiyah 55, akuntabilitas fisik terlihat dalam bukti pencatatan serta transparansi, dan akuntabilitas profesi banyak ditemukan dalam proses menjalankan tugas sebagai guru. Keberadaan penelitian ini memberikan rekomendasi kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti praktik akuntansi dalam tradisi ataupun budaya lokal lainnya agar dapat memperkenalkannya kepada banyak orang, penelitian ini juga merekomendasikan kepada guru-guru TK Aisyiyah 55 agar lebih semangat mengingatkan murid untuk berinfaq, dengan begitu dana infaq tetap bisa menjadi pem-backup dana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilma, Rosihulrosihul1342@gmail.comG92219119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsby.ac.id--
Subjects: Akuntansi
Kebudayaan
Pendidikan
Keywords: Akuntabilitas; tradisi; etnografi; pengelolaan kas; praktik akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Rosihul Ilma
Date Deposited: 27 Sep 2023 05:06
Last Modified: 27 Sep 2023 05:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65579

Actions (login required)

View Item View Item