Teknik komunikasi dakwah pada akun Instagram @YUFID.TV: analisis semiotika Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faridah, Alfi Nurul (2023) Teknik komunikasi dakwah pada akun Instagram @YUFID.TV: analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfi Nurul Faridah_ B71219058 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang teknik komunikasi dakwah pada akun Instagram @yufid.tv yang difokuskan pada implementasi teknik komunikasi dakwah yang digunakan dalam menyampaikan pesan dakwah melalui konten video Motion Graphic. Untuk mengetahui teknik komunikasi dakwah apa yang dipakai oleh akun Instagram @yufid.tv. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dari akun tersebut data diambil secara purposive sampling kemudian dianalisis menggunakan triadik semiotika dari Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @yufid.tv menerapkan teknik dakwah sentimentil dengan narasi kalimat pada teks dialog video yang menyentuh hati dan lemah lembut. Teknik rasional yang memberikan dasar sesuai AlQur’an, hadist, dan petikan dari kisah Nabi atau Sahabat Nabi dengan kombinasi ilustrasi gambar animasi yang relevan. Adapun teknik indrawi yang memanfaatkan panca indra manusia melalui unsur audio visual dan desain grafis yang menarik. Selain itu, adanya fitur hastag membuat video Motion Graphic mudah mucul diberanda pengguna lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faridah, Alfi Nurulb71219058@gmail.comB71219058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnam, Moh Khoirulanam.uinsby@gmail.com198711102020121009
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Dakwah, Strategi
Keywords: Teknik komunikasi dakwah; Instagram; analisis semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Alfi Nurul Faridah
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:44
Last Modified: 12 Oct 2023 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65594

Actions (login required)

View Item View Item