Implikasi pembelajaran E-Learning Kemenag terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Daruttaqwa Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indah, Ulfa (2021) Implikasi pembelajaran E-Learning Kemenag terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Daruttaqwa Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfa Indah_F02318102.pdf

Download (3MB)

Abstract

Focus dalam hal penelitian peneliti menganalisis Implikasi Pembelajaran E-Learning Kemenag Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan juga merupakan penelitian dengan pendekatan study kasus. Karena pembelajaran daring Guru dituntut untuk berfikiran yang kreaktif dan inovatif agar siswa tidak merasah jenuh dengan pembelajaran e-elarning. Disamping itu juga ada dampak-dampak dalam pembelajaran e-learning yang mengakibatkan perubahan perilaku motivasi siswa dalam belajar selama pembelajaran e-learning tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran e-learning kemenag di Madrasah Aliyah Daruttaqwa Gresik 2) untuk menganalisis dan mendeskripsikan implikasi pembelajaran e-learning kemenag terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Madrasah Aliyah Daruttaqwa Gresik. Adapun hasil penelitian di Madrasah Aliyah Daruttaqwa Gresik yaitu 1) proses pembelajaran menggunakan aplikasi e-learning kemenag yang mana sebelum memulai pembelajaran para dewan Guru harus menygusun metode dan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Terkadang juga dewan Guru menggunkan whatsapp grup, google classroom, dan video youtube. 2) dari data data yang diperoleh menunjukkan motivasi belajar siswa lebih menurun karena guru tidak bisa mengontrol langsung saat siswa belajar, siswa merasa jenuh selama pembelajaran daring, siswa sering mengabaikan tugas saat pengumpulan tugas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indah, Ulfaindahulfa719@gmail.comF02318102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturevifatimatur@uinsby.ac.id2027127302
Thesis advisorSalik, Mohamadsalik_mohamad@yahoo.com2012126702
Subjects: Belajar
Motivasi Belajar
Keywords: Pembelajaran E-Learning Kemenag; motivasi belajar; mata pelajaran PAI
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfa Indah
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:35
Last Modified: 25 Sep 2023 08:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65599

Actions (login required)

View Item View Item