Pemberdayaan komunitas melalui usaha kreatif berbasis kulit singkong di Desa Manting Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pridayanti, Dewi (2023) Pemberdayaan komunitas melalui usaha kreatif berbasis kulit singkong di Desa Manting Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Pridayanti_B92219090 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Skripsi ini menjelaskan tentang proses pemberdayaan yang dilakukan bersama komunitas ibu-ibu kreatif dengan pemanfaatan limbah kulit singkong di Desa Mantin Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Proses pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam mengelola kulit singkong menjadi produk pangan melalui pelatihan pengelolaan limbah kulit singkong menjadi keripik usus dan penyadaran masyarakat terhadap masalah lingkungan. Dengan menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), proses pendekatan ini diawali dengan identifikasi aset dan potensi. Strategi ini lebih menekankan pada aset dan kemampuan masyarakat agar dapat dimanfaatkan secara efektif. Dengan menggunakan strategi ini, aset menjadi sumber kekuatan yang dapat membantu meningkatkan masyarakat. Hasil aksi penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Komunitas ibu-ibu kreatif mampu memanfaatkan dan mengelolah aset serta mampu memanfaatkan dengan benar dan baik. (2)Pola pikir dan keterampilan masyarakat terhadap limbah kulit singkong telah berubah sehingga limbah kulit singkong khususnya keripik usus yang terbuat dari kulit singkong dapat dimanfaatkan sebagai produk makanan dan berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih dan sehat. (3)Komunitas wirausaha ibu-ibu kreatif di Desa Manting didukung oleh pemerintah setempat.
Kata Kunci: Pemberdayaan komunitas, Pemanfaatan limbah kulit singkong, Lingkungan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pridayanti, Dewidewi.prida15@gmail.comB92219090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan komunitas; Pemanfaatan limbah kulit singkong; Lingkungan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dewi Pridayanti
Date Deposited: 28 Sep 2023 21:44
Last Modified: 28 Sep 2023 21:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65601

Actions (login required)

View Item View Item