Akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan organisasi nirlaba: studi pada panti asuhan Muhammadiyah At-Taqwa Putri Sambikerep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Rizky Dian (2023) Akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan organisasi nirlaba: studi pada panti asuhan Muhammadiyah At-Taqwa Putri Sambikerep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Dian Arifin_G92219117.pdf

Download (10MB)

Abstract

Akuntabilitas dan transparansi merupakan hal yang penting dalam pengelolaan keuangan pada organisasi nirlaba. Akan tetapi, seringkali pengelola keuangan kurang memperhatikan aspek akuntabilitas dan transparansi dalam mengelola keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan panti asuhan Muhammadiyah At – Taqwa putri Sambikerep. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua bentuk akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh panti asuhan yaitu kepada sesama manusia dan Sang Pencipta. Pengelola keuangan panti asuhan menjalankan akuntabilitas sebagai bentuk amanah dengan senantiasa memegang prinsip lillahita’ala. Panti asuhan telah menjalankan akuntablitas dengan baik sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Muhammadiyah dan mempertanggung jawabkannya baik kepada stakeholder maupun pada Allah SWT. Selanjutnya akuntabilitas didukung dengan transparansi melalui laporan keuangan untuk mewujudkan kepercayaan donatur terhadap panti asuhan. Panti asuhan dalam menjalankan transparansi masih belum maksimal, hal ini dikarenakan adanya keterbatasan yang dimiliki oleh panti asuhan. Penelitian ini memberikan rekomendasi pada panti asuhan untuk mengunggah laporan keuangan di website panti asuhan mengingat website panti asuhan masih belum maksimal. Kemudian dalam hal transparansi, panti asuhan dapat selalu menyediakan laporan keuangan terbaru sesuai periode di meja kantor panti asuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Rizky Dianrizkydianarfn@gmail.comG92219117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Binti Shofiatulbintishofiatul@gmail.com199007292019032022
Subjects: Akuntansi
Panti Asuhan
Keuangan
Keywords: Akuntabilitas; pengelolaan keuangan; organisasi nirlaba
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Rizky Dian Arifin
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:21
Last Modified: 06 Oct 2023 01:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65607

Actions (login required)

View Item View Item