Eksistensi ajaran Syekh Siti Jenar dalam membina spiritualitas masyarakat yang menerapkan tradisi Kejawen Nyadran di Desa Margomulyo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Devi Ayu Nur (2023) Eksistensi ajaran Syekh Siti Jenar dalam membina spiritualitas masyarakat yang menerapkan tradisi Kejawen Nyadran di Desa Margomulyo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Ayu Nur Fatimah_E97219065 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Devi Ayu Nur Fatimah_E97219065 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pembinaan spiritualitas masyarakat yang menerapkan tradisi kejawen nyadran dalam eksistensi ajaran Syekh Siti Jenar di Desa Margomulyo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro yang mana nantinya objek dalam kajian ini ialah untuk membahas pembinaan spiritualitas masyarakat yang menerapkan tradisi kejawen nyadran, mendalami konsep ajaran Syekh Siti Jenar untuk menjadi pedoman penulis dalam meneliti dan menganalisis dalam pembinaan spiritualitas masyarakat yang menerapkan tradisi kejawen nyadran. Kajian ini menggunakan metodologi (Field Research) penelitian lapangan. Sementara itu penulis menggunakan metode deskriptif analitik. Dengan mengambil latarbelakang tempat di Desa Margomulyo Balen Bojonegoro dengan pemilihan subjek masyarakat yang melakukan tradisi kejawen nyadran. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara secara mendalam, observasi parsipatif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Triangulasi sumber (mengamati data hasil pengamatan dengan wawancara). Hasil penelitian dalam penulisan ini menunjukkan bahwa, pembinaan spiritualitas masyarakat yang dilakukan di Desa Margomulyo Balen Bojonegoro dilakukan dengan berbagai cara dan metode, diantaranya terdapat pembiasaan sholat malam yang dilakukan secara rutin dapat membangun ketenangan dan keikhlasan hati, pelaksanaan program tahlil rutin setiap malam jumat dapat membangun rasa syukur, acara tradisi sedekah bumi yang diikuti masyarakat guna menumbuhkan rasa emosional masyarakat untuk saling berbagi, terdapat pembiasan (istiqomah) setiap malam jumat pahing berdoa dan berdzikir di Petilasan Syekh Siti Jenar dan pesarehan sesepuh. Faktor pendukung dari pembinaan spiritualitas masyarakat Desa Margomulyo adalah adanya keinginan penduduk yang senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT tanpa meninggalkan tradisi warisan dari sesepuh desa untuk menghormati perjuangan dan meneruskan sejarah desa untuk generasi selanjutnya dengan tujuan melestarikan budaya Jawa. Sehingga masyarakat mendapatkan kesesuaian dalam kehidupan yang berkelangsungan antara agama dan kebudayaan. Namun terdapat faktor penghambat secara eksternal dalam pembinaan spiritualitas masyarakat yakni masih terdapat beberapa masyarakat yang masih mempercayai dan melakukan sesuatu yang berhubungan dengan supranatural, ritual-ritual mistis atau sakral untuk yang disalahgunakan dan kepentingan pribadi dan dilarang oleh agama. Dari faktor eksternal tersebut adalah suatu kondisi kepercayaan masyarakat Jawa yang masih kuno dan kental akan hal-hal ghaib, karena persoalan kepercayaan dan tidak ada peraturan dari desa yang mencegah persoalan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, Devi Ayu Nurdeviafat.25@gmail.comE97219065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaad, Mukhlisinmukhlisin.saad@yahoo.com/mukhlisin@uinsby.ac.id/saadmukhlisin61/gmail.com196109281994031001
Subjects: Spiritualisme
Keywords: Ajaran Syekh Siti Jenar; spiritualitas; tradisi Kejawen Nyadran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Devi Fatimah
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:54
Last Modified: 27 Feb 2024 04:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65621

Actions (login required)

View Item View Item