Pengaruh layanan, harga, jumlah order pada gofood, dan literasi digital terhadap pendapatan usaha kuliner di Kecamatan Gubeng Kota Surabaya Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnamasari, Syaharani Dyah (2023) Pengaruh layanan, harga, jumlah order pada gofood, dan literasi digital terhadap pendapatan usaha kuliner di Kecamatan Gubeng Kota Surabaya Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syaharani Dyah Purnamasari_G71218056 ok.pdf

Download (9MB)

Abstract

Perubahan ekonomi digital dapat mempengaruhi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Berkembangnya teknologi digital dapat dimanfaatkan pada aktivitas tiap orang atau pelaku usaha yang lebih terkini, efisien dan responsive terhadap kebutuhan pasar. Secara keseluruhan ekonomi digital didukung dengan adanya internet yang merubah perilaku konsumen berbelanja, yakni dengan adanya E-commerce contohnya Gojek yang menyediakan fitur lengkap mulai dari layanan transportasi (GoCar &GoRide), food delivery online (GoFood) dan lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh layanan, harga, jumlah order pada GoFood dan literasi digital terhadap pendapatan usaha kuliner di kecamatan Gubeng kota Surabaya Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 506 pelaku usaha kuliner yang bermitra dengan Gojek atau GoFood di Kecamatan Gubeng dan jumlah sampel 75 responden ditentukan dengan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji statistic dan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 29. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial variabel layanan GoFood dan literasi digital tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha kuliner, sedangkan variabel harga dan jumlah order berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha kuliner. Pada uji simultan penelitian ini menunjukkan bahwa layanan GoFood, harga, jumlah order dan literasi digital berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha kuliner di kecamatan Gubeng Kota Surabaya Timur. Hasil dalam penelitian ini dapat diketahui nilai R2 0,574; dengan persentase sebesar 57,4% dan sisanya 42,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Bagi Perusahaan Gojek dapat memberikan edukasi atau training kepada mitra usaha GoFood terkait online food delivery dengan memberikan tips memulai bisnis di GoFood, bagaimana meningkatkan penjualan online, tips promosi dan pemasaran, tips foto produk yang menarik dan sebagainya. Sehingga dengan ini para pelaku usaha kuliner dapat dengan mudah memahami dan mempelajari usaha online tersebut untuk meningkatkan pendapatan mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnamasari, Syaharani DyahSyaharanidp@gmail.comG71218056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKafabih, Abdullahabdullahkafabih@uinsby.ac.id2007089103
Subjects: Ekonomi
Izin Usaha
Pedagang
Keywords: Go-food; literasi digital; gojek
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Syaharani Dyah Purnamasari
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:33
Last Modified: 12 Oct 2023 08:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65632

Actions (login required)

View Item View Item