Penerapan laporan keuangan UMKM berdasarkan standar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil dan menengah: studi kasus pada UMKM Kedai Santri Fooddaily di Bondowoso

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Nur (2023) Penerapan laporan keuangan UMKM berdasarkan standar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil dan menengah: studi kasus pada UMKM Kedai Santri Fooddaily di Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fitria_G92219108 OK.pdf

Download (939kB)

Abstract

Eksistensi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Indonesia berperan sangat besar terhadap ketahanan dan pembentukan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun hingga saat ini meningkatnya jumlah UMKM di Indonesia juga tidak terlepas dari kendala. Salah satu kendala yang masih dihadapi para pelaku UMKM yaitu masih banyaknya yang belum menyadari pentingnya penyusunan laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan laporan keuangan UMKM berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah pada UMKM Kedai Santri Fooddaily di Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pencatatan yang dilakukan oleh UMKM Kedai Santri Fooddaily masih sangat sederhana dan manual yaitu pencatatan keuangan di perusahaan hanya menggunakan nota yang dibukukan. Penerapan penyusunan dan penyajian laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM dimulai dari pengumpulan bukti-bukti transaksi/pengumpulan data, penjurnalan, buku besar, neraca saldo, kemudian membuat laporan keuangan yaitu laporan laba/rugi, laporan posisi keuangan, dan catatan atas laporan keuangan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak manajemen UMKM Kedai Santri Fooddaily agar melakukan pencatatan keuangan dan penyajian keuangan sesuai dengan standar yang berlaku yaitu SAK EMKM untuk mengelola keuangan serta dapat megetahui kinerja dan posisi keuangan UMKM Kedai Santri Fooddaily dengan hasil yang lebih akurat dan dapat memahami betapa pentingnya laporan keuangan yang nantinya bisa diaplikasikan untuk keberlangsungan usaha selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Nurnurfitriagab@gmail.comG92219108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathifah, Nurulnurullathifah.febiuinsa@gmail.com0728058901
Thesis advisorSa'adah, Mazro'atusmazroatus.saadah@gmail.com2027087703
Subjects: Akuntansi
Keuangan
Keywords: UMKM; Laporan Keuangan; SAK EMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Nur Fitria
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:20
Last Modified: 02 Oct 2023 04:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65634

Actions (login required)

View Item View Item