Representasi karakter ibu dalam iklan Dancow Cinta Bunda Sempurna: analisis Framing Model Gamson dan Modigliani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'arif, Iqbal Rihk Toyib Samsul (2023) Representasi karakter ibu dalam iklan Dancow Cinta Bunda Sempurna: analisis Framing Model Gamson dan Modigliani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iqbal Rihk Toyib Samsul Ma'arif_B95219104 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pembingkaian karakter ibu yang ditampilkan pada iklan Dancow yang dilihat melalui alisis framing model Gamson dan Modigliani. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagai mana iklan tersebut dibingkai dan nilai-nilai apa yang terdapat dalam karakter seorang ibu ynag ditampilkan dalam iklan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan analisis framing model Gamson dan Modigliani yang memiliki dua elemen utama yaiti core frame yang merupa kan gagasan sentral, dan condensing symbol yang merupakan hasil pencermatan interaksi perangkat simbolik. Condensing symbol sendiri terbagi menjadi dua yaitu Framing Device (Metha-pors, Catchprases, Depictions, Visual image) dan Reasoning Device (Roots, Appreals to principle, Consequence). Hasil dalam penelitian ini ditemukan bahwa, Representasi karakter ibu dalam iklan Dancow dengan tagline “Cinta Bunda Sempurna” disajikan menggunakan konsep story telling dengan cerita keseharian sosok ibu rumah tangga yang memiliki keterbatasan fisik tuna netra. Penggambaran karakter ibu dalam iklan tersebut digambarkan menggunakan komunikasi non-verbal dan tipe karakter yang dimilikinya. Hal ini merupakan tanda dari bagaimana iklan tersebut mengkonstruksi realita sosial yang mengemas sebuah pesan singkat betapa pentingnya sosok ibu da- lam membesarkan sang buah hati yang tak luput dari semua keterbatasan yang dimiliki ibu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'arif, Iqbal Rihk Toyib Samsuliqbalrtsm99@gmail.comB95219104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaksum, Imam--2020067303
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Ilmu Komunikasi
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Representasi; Dancow; Iklan; Analisis Framing Gamson dan Modigliani.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Iqbal Iqbal Iqbal
Date Deposited: 03 Oct 2023 01:20
Last Modified: 03 Oct 2023 01:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65643

Actions (login required)

View Item View Item