Pengaruh literasi keuangan syariah, inovasi fintech, dan inklusi keuangan syariah terhadap penggunaan e-wallet: survey pada masyarakat Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Nisha Nor (2023) Pengaruh literasi keuangan syariah, inovasi fintech, dan inklusi keuangan syariah terhadap penggunaan e-wallet: survey pada masyarakat Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisha Nor Rahmawati_G94219172.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berkembangnya teknologi digital menciptakan berbagai macam aplikasi atau platform yang memudahkan masyarakat dalam transaksi dan penggunaan jasa keuangan lainnya. Pemahaman masyarakat menjadi salah satu faktor yang akan mempengaruhi masyarakat dalam menggunakan berbagai macam teknologi finansial. Sehingga dengan pemahaman, pemanfaatan, dan kemudahan yang baik dapat melihat tingkat inklusi keuangan syariah yang ada di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan syariah, inovasi fintech, dan inklusi keuangan syariah terhadap penggunaan e-wallet yang dilakukan pada masyarakat Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat teknis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan SPSS versi 29 maka diperoleh hasil bahwa variabel literasi keuangan syariah, inovasi fintech, dan inklusi keuangan syariah berpengaruh secara parsial terhadap penggunaan e- wallet. Serta melihat adanya pengaruh dari literasi keuangan syariah, inovasi fintech, dan inklusi keuangan syariah secara simultan berpengaruh terhadap penggunaan e-wallet pada masyarakat Surabaya. Hasil dari uji koefisien determinasi diketahui Adjusted R2 sebesar 0,596 atau 59,6%. Hal ini menyatakan bahwa variabel-variabel independen berpengaruh sebesar 59,6% terhadap variabel dependen. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa masyarakat Surabaya memahami dan mengenal terkait literasi keuangan dan berbagai produk digitalisasi keuangan namun dalam segi prakteknya masyaarakat masih belum bisa mempratekkaan secara syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Nisha Norg94219172@student.uinsby.ac.idG94219172
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id--
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Literasi keuangan syariah; inovasi fintech; inklusi keuangan syariah; penggunaan e-wallet
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: nisha nor rahmawati
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:33
Last Modified: 29 Sep 2023 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65645

Actions (login required)

View Item View Item