Analisis pengelolaan dana desa atas peningkatan pendapatan asli desa pada tahun 2021 di Desa Bungurasih Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Roudhotul (2023) Analisis pengelolaan dana desa atas peningkatan pendapatan asli desa pada tahun 2021 di Desa Bungurasih Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roudhotul Jannah_G72219069.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pengelolaan Dana Desa atas Meningkatnya Pendapatan Asli Desa pada Tahun 2021 di Desa Bungurasih Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo” yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pengelolaan dana desa dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa di Desa Bungurasih Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini berlokasi di Desa Bungurasih Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desktriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Penelitian ini menggunakan teknik perjodohan pola yang mana teknik pola yang telah diimplementasikan kemudian dibandingkan dengan pola berdasarkan data empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengelola dana desa, Desa Bungurasih berpedoman pada aturan-aturan yang berlaku serta sesuai dengan RKP Desa yang telah disusun. Penyusunan RKP dan APBDes dilakukan oleh Pemerintah Desa Bungurasih dengan melibatkan seluruh perwakilan kalangan masyarakat dalam musyrenbang. BPD sebagai perwakilan masyarakat berperan dalam pengambilan keputusan. Hasil lainnya menunjukkan bahwa pemerintah desa melalui TPKD (Tim Pelaksana Kegiatan Desa) terus memantau kegiatan atau pembangunan yang didanai oleh desa. Hal tersebut untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut telah terealisasi dengan baik dan sesuai dengan rencana. Wujud keberhasilan pengelolaan dana desa di Bungurasih dapat terlihat dari adanya aset-aset desa yang menjadi potensi desa. Aset yang dimiliki desa menjadi bentuk keberhasilan pemerintah Desa Bungurasih dalam menjalankan pemerintahannya sehingga dapat menghasilkan PADes. Desa yang tidak memiliki aset akan mengalami kesulitan untuk memperoleh PADes.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Roudhotuljroudho@gmail,comG72219069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNufaisa, Nufaisanufaisa@uinsby.ac.id2031078904
Subjects: Akuntansi
Kebijakan Publik
Keywords: Akuntansi sektor publik; pengelolaan dana desa; pendapatan asli desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Roudhotul Jannah
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:43
Last Modified: 29 Sep 2023 06:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65648

Actions (login required)

View Item View Item