Pemodelan hidrodinamika pelabuhan kalbut Kabupaten Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatwa, Alfian (2023) Pemodelan hidrodinamika pelabuhan kalbut Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfian Fatwa_H94219040.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelabuhan kalbut merupakan pelabuhan yang banyak digunakan untuk kegiatan logistik dengan rute kecil sampai besar. Sebagian besar aktivitas yang ada di pelabuhan ini merupakan aktivitas perikanan tangkap dan bongkar muat barang. Tingginya aktifikas di pelabuhan ini menjadi atensi khusus dalam hal keselamatan. Berdasarkan perhitungan dari tahun 2001-2007, 74% kasus kecelakaan yang ada di laut terjadi karena adanya gelombang yang tinggi dan angin angin kencang. Salah satu masalah yang dapat terkait dengan gelombang di pelabuhan Kalbut adalah gelombang tinggi dan kondisi gelombang yang tidak stabil. Hal ini dapat memiliki dampak negatif pada operasi kapal, kondisi tersebut membutuhkan pemahaman hidrodinamika guna menghindari atau meminimalisir efek negatif yang dapat terjadi di perairan Pelabuhan Kalbut, salah satunya dengan menggunakan pendekatan model. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tinggi gelombang yang terbentuk berdasarkan kecepatan angin serta menganalisa model Hidrodinamika Arus, Pasang Surut dan juga Gelombang di perairan Pelabuhan Kalbut Kabupaten Situbondo dengan menggunakan metode pemodelan numerik software Delft3D. Didapatkan hasil kondisi arus pada musim barat memiliki pola arus kearah Timur Laut dengan kecepatan berkisar antara 0 – 0,8 m/s pada saat pasang tertinggi dan arah arus cenderung mengarah ke Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 0 – 0,7 m/s pada saat surut terendah. Pada Musim Timur arus cenderung mengarah ke Barat Daya pada saat pasang tertinggi dengan kecepatan berkisar 0 – 0,5 m/s dan pada saat surut cenderung mengarah ke Timur Laut dengan kecepatan berkisar 0 – 0,4 m/s.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatwa, Alfianfianfatwa9a1516@gmail.comH94219040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Thesis advisorFahmi, Muhammad Yunanmyunanf@gmail.com201409004
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Arus; pasang surut; gelombang; Delft3D
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Alfian Fatwa Fatwa
Date Deposited: 03 Oct 2023 01:13
Last Modified: 03 Oct 2023 01:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65663

Actions (login required)

View Item View Item