Pengaruh retun on assets, good corporate governance, non performing loan dan loan to deposito ratio terhadap nilai perusahaan: studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2019-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khairunnisa, Nisrina Raniah (2023) Pengaruh retun on assets, good corporate governance, non performing loan dan loan to deposito ratio terhadap nilai perusahaan: studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2019-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisrina Raniah Khairunnisa_G02219026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perbankan merupakan badan usaha yang melakukan penghimpunan dana dan penyaluran dana kepada masyarakat dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bank sebagai perusahaan memiliki tujuan untuk menjaga serta meningkatkan nilai perusahaan. Mempertahankan nilai perusahaan sebagai anggapan bank mampu mempertanggungjawabkan dana serta modal yang ditanamkan investor. Adanya pandemi covid-19 yang terjadi, bank tetap harus menjaga kepercayaan investor dan pemangku kepentingan dengan menjaga kesehatan bank. Kesehatan bank dapat dilihat baik dari return on assets, non performing loan, loan to deposito ratio dari sisi kinerja keuangan maupun good corporate governance dari kinerja non-keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh Return on Assets, Non Performing Loan, Loan to Deposito Ratio dan Good Corporate Governance terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan Bank Umum Konvensional (BUK) yang berada di Indonesia pada periode 2019-2021. Sampel dipilih secara purposive sampling sebanyak 117 bank. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan software STATA 14. Hasil penelitian menunjukkan bahwa return on assets dengan koefisien 0,1313173 dan signifikansi 0,000. Sedangkan good corporate governance menunjukkan koefisien -0,0081132 dengan signifikansi 0,941. Non performing loan memiliki nilai koefisien 0,1485196 dengan signifikansi 0,002. Selanjutnya, hasil loan to deposito ratio menunjukkan nilai koefisien 0,7216924 dengan nilai signifikansi 0,000. Temuan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa return on assets serta loan to deposito ratio berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Dalam hal tersebut mendukung stakeholders theory yang digunakan. Sementara itu, good corporate governance tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan dan non performing loan berpengaruh positif signifikan terhdap nilai perusahaan. Sehingga, kedua variabel tersebut menolak hipotesis. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah periode penelitian yang lebih panjang dengan menggunakan proksi good corporate governance yang meliputi governance structure, governance process dan governance outcome.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khairunnisa, Nisrina Raniahraniahnisrina1@gmial.comG02219026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsby.ac.id198708282019032013
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Perbankan
Akuntansi
Keywords: Retun on assets; good corporate governance; non performing loan; deposito ratio
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Nisrina Raniah Khairunnisa
Date Deposited: 30 Sep 2023 15:30
Last Modified: 30 Sep 2023 15:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65664

Actions (login required)

View Item View Item