Pembebasan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dari belenggu kemiskinan melalui peranan program kelompok perempuan di Dusun Moyoruti Desa Brengkok Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiqoh, Farah Aulia (2023) Pembebasan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dari belenggu kemiskinan melalui peranan program kelompok perempuan di Dusun Moyoruti Desa Brengkok Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farah Aulia Rofiqoh_B92218105.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah upaya pembebasan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dari belenggu kemiskinan. Tingginya angka kemiskinan yang dialami oleh Perempuan Kepala Keluarga di Dusun Moyoruti menjadi kendala yang sedang mereka hadapi, Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan kesejahteraan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) melalui beberapa strategi program untuk meningkatkan perekonomian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PAR (Participatory Action Riset) yang melibatkan secara aktif semua pihak-pihak yang bersangkutan (stakeholders) dalam mempelajari suatu perbuatan yang terjadi secara langsung, dengan tujuan untuk memperbaiki kondisi sosial masyarakat ke arah yang lebih baik. Langkah-langkah yang dilakukan oleh peneliti dalam memecahkan permasalahan dengan melakukan beberapa tahap, mulai dari inkulturasi hingga ke tahap penyelesaian. Kemudian strategi aksi yang digunakan yaitu melakukan edukasi kepada para Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA), membentuk kelompok dan merancang advokasi kebijakan. Hasil perubahan dari kegiatan setelah melakukan proses pendampingan adalah munculnya kesadaran para Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) akan keterampilan maupun potensi yang dimilikinya untuk dikembangkan dan menjadi kesempatan bagi mereka dalam memulai usaha sehingga sirkulasi perekonomian akan membaik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiqoh, Farah Auliafarahauliarofiqoh@gmail.comB92218105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Kemiskinan
Keywords: Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA); kemiskinan; perekonomian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: FARAH AULIA ROFIQOH
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:13
Last Modified: 04 Oct 2023 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65668

Actions (login required)

View Item View Item