Tinjauan pemenuhan hak restitusi pada anak korban tindakan asusila: studi putusan di Pengadilan Negeri Bangil tahun 2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Monarofah, Hikmah (2023) Tinjauan pemenuhan hak restitusi pada anak korban tindakan asusila: studi putusan di Pengadilan Negeri Bangil tahun 2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hikmah Monarofah_C73218042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tindakan pidana asusila yang terjadi dikalangan anak sangat marak terjadi di Indonesia. Anak sebagai korban tindakan asusila memiliki hak untuk menerima restitusi sesuai peraturan yang ada. Skripsi ini menjawab pertanyaan yang dituan ke dalam dua rumusan masalah yaitu tinjauan hukum positif terhadap pemenuhan hak restitusi bagi anak korban tindak pidana asusila dan tinjauan hukum pidana Islam terhadap hak restitusi bagi anak korban tindak pidana asusila. Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dikaji dalam teknik analisis data menggunakan metode deskriptif induktif yaitu dengan menjelaskan peraturan perundang-undangan yang dikaji dengan objek penelitian yang dalam hal ini berkenaan dengan pemenuhan hak restitusi bagi anak korban tindak pidana asusila. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa korban tindak pidana asusila memiliki hak untuk memperoleh restitusi dari pelaku sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Restitusi Bagi Anak yang Menjadi Korban Tindak Pidana dengan mengajukan permohonan kepada pihak yang berwenang, menurut hukum Islam anak sebagai korban berhak menerima ganti rugi dari pelaku beruoa mahar mitsl. Sejalan dengan kesimpulan di atas maka penulis menyarankan mengajak orang tua untuk selalu mengawasi pergaulan anak yang masih dibawah umur agar tidak terjerumus ke dalam kegiatan yang negatif dan pihak pengadilan hendaknya mensosialisasikan mengenai PP tentang hak restitusi yang dapat diajukan oleh korban atau keluarga agar korban mendapatkan hak-haknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Monarofah, Hikmahhikmahmonarofah24@gmail.comC73218042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMubarok, Nafinafi.mubarok@gmail.com2014047401
Subjects: Anak
Hukum Islam
Remaja, Gaya hidup
Keywords: Anak korban tidak asusila
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Hikmah Monarofah
Date Deposited: 03 Oct 2023 01:44
Last Modified: 03 Oct 2023 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65678

Actions (login required)

View Item View Item