Analisis program gerobak usaha NU sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha dalam perspektif maqashid syariah: studi kasus pada NU Care Lazisnu MWC Kertosono

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Erva Hasni'ah (2023) Analisis program gerobak usaha NU sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha dalam perspektif maqashid syariah: studi kasus pada NU Care Lazisnu MWC Kertosono. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erva Hasni'ah Aziz_G94218169.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Analisis Program Gerobak Usaha NU Sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Pelaku Usaha Dalam Perspektif Maqashid Syariah” merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program gerobak usaha NU yang dijalankan oleh NU Care-LAZISNU MWC Kertosono sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha dan bagaimana implikasinya terhadap kesejahteraan penerima yang dalam perspektif Maqashid Syariah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dimana analisis datanya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi dengan ketua lembaga NU Care-LAZISNU MWC Kertosono, pengelola program gerobak usaha NU dan penerima manfaat program gerobak usaha NU. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program gerobak usaha telah dijalankan berdasarkan fungsi pengelolaan yang terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan dengan menentukan tujuan dan sasaran program, tahap pengorganisasian dengan menentukan pihak-pihak yang memiliki tugas dan fungsi dalam pelaksanaan, tahap pelaksanaan dengan menentukan prosedur, dan tahap pengawasan dengan pemantauan secara berkala berdasarkan jadwal yang telah ditentukan. Program gerobak usaha ini telah mempu mencapai target yakni pendistribusian 1 bantuan setiap tahun dan telah membantu meningkatkan pendapatan penerima. Berdasarkan indikator BKKBN, program gerobak usaha NU dapat membantu penerima mencapai kesejahteraan dalam indikator Keluarga Sejahtera I (KS 1). Dalam tinjauan maqashid syariah program gerobak usaha ini telah mampu memenuhi kebutuhan dasar dalam lima pokok maqashid syariah yakni perlindungan terhadap agama (Hifdzu Din), perlindungan terhadap jiwa (Hifdzu Nafs), perlindungan terhadap akal (Hifdzu Aql), perlindungan terhadap keturunan (Hifdzu Nasl), dan perlindungan terhadap harta (Hifdzul maal) yang menekankan pada perlindungan terhadap harta (Hifdzu Maal) sehingga berdampak pada pemenuhan kebutuhan dalam tingkat dharuriyah dan hajiyah, namun belum mampu mencapai pemenuhan kebutuhan tahsiniyah. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, diharapkan pihak lembaga lebih memperhatikan terkait pengerucutan program agar dapat mengoptimalkan sumber daya manusia dan pada tahap pengawasan agar bisa berjalan lebih maksimal. Kemudian bagi masyarakat diharapkan untuk dapat membantu upaya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan program dengan menyalurkan dana zakatnya ke lembaga NU Care-LAZISNU MWC Kertosono.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Erva Hasni'ahervahsnh@gmail.comG94218169
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Kesejahteraan Sosial
Manajemen
Keywords: Kesejahteraan; maqashid syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Erva Hasni'ah Aziz
Date Deposited: 03 Oct 2023 01:36
Last Modified: 03 Oct 2023 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65679

Actions (login required)

View Item View Item