Studi pemikiran Sayyid Usman Bin Yahya tentang penentuan awal bulan kitab tamyīz al-ḥaqq min aḍ-ḍalāl fī masā’il al-hilāl

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Kholifatun (2023) Studi pemikiran Sayyid Usman Bin Yahya tentang penentuan awal bulan kitab tamyīz al-ḥaqq min aḍ-ḍalāl fī masā’il al-hilāl. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kholifatun Nisa'_C06219020.pdf

Download (20MB)

Abstract

Penentuan awal bulan kamariah merupakan masalah yang vital bagi seluruh umat Islam di dunia. Terdapat dua metode yang terkenal dikalangan umat Islam yaitu hisab dan rukyat. Akan tetapi di akhir abad ke 18 M, ada seorang ulama yang kharismatik dengan segala pemikirannya dengan memberikan pandangannya terkait penentuan awal bulan dengan menuliskan sebuah kitab yang berjudul Tamyīz al-Ḥaqq Min aḍ-Ḍalāl fī Masā’il al-Hilāl dengan menetapkan ambang batas ketinggian hilal sebesar 7 derajat. Skripsi ini menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu; Bagaimana metode penentuan awal bulan dalam kitab Tamyīz al-Ḥaqq Min aḍ-Ḍalal fī Masā’il al-Hilāl? dan Bagaimana kriteria hilal menurut pemikiran Sayyid Usman bin Yahya? Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: Pertama, konsep penentuan awal bulan yang ditawarkan Sayyid Usman dalam kitab Tamyīz al-Ḥaqq Min aḍ-Ḍalāl fī Masā’il al-Hilāl adalah rukyat dengan didasarkan pada beberapa nukilan dari ulama fīkih terdahulu, nukilan penggunaan mazhab Syafīiyah dan sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw. Kemudian dalam menentukan awal bulan Sayyid Usman hanya menggunakan dua batang kayu yang diarahkan tepat ke ufuk Barat, untuk tempat pelaksanaan rukyatulhilal di era Sayyid Usman adalah daerah Basmol. Kedua, pemikiran Sayyid Usman tentang kriteria hilal 7 derajat yang dimilikinya merupakan praktik terverifīkiasi pada saat itu, sebab dalam beberapa nukilannya tidak ditemukan rumusan angka 7 derajat. Kemudian parameter keterlihatan hilal yang digunakan Sayyid Usman adalah ketinggian hilal dan harus memenuhi syarat fīsis, logis dan syar’i dengan dibuktikan adanya dua orang saksi yang kredibel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', KholifatunKholifanis351@gmail.comC06219020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Elly UzlifatulEllyuzlifah@uinsby.ac.id--
Subjects: Astronomi
Agama > Biografi Tokoh
Falak
Keywords: Sayyid Usman Bin Yahya; kitab tamyīz al-ḥaqq min aḍ-ḍalāl fī masā’il al-hilāl
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Kholifatun Nisa'
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:01
Last Modified: 03 Oct 2023 02:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65686

Actions (login required)

View Item View Item