Strategi program festival al-A'zhom dalam mempertahankan eksistensi Masjid Raya al-A'zhom Kota Tangerang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Sadewo Aji (2023) Strategi program festival al-A'zhom dalam mempertahankan eksistensi Masjid Raya al-A'zhom Kota Tangerang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sadewo Aji Saputra_B04219031.pdf

Download (5MB)

Abstract

Strategi program adalah sebuah upaya agar program dapat mencapai tujuan dengan konsep sesuai agar program dapat tepat sesuai tujuan. Strategi program juga ada pada masjid, karena dalam menarik minat masyarakat dibutuhkan strategi dari pengurus masjid dalam memakmurkan masjid. Penelitian ini membahas tentang proses dan strategi yang digunakan oleh panitia pelaksana dalam melaksanakan Festival Al-A’zhom. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui strategi program Festival Al-A’zhom dalam menjaga eksistensi Masjid Raya Al-A'zhom, serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pada strategi program Festival Al-A’zhom. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari transkrip wawancara, coding wawancara, kategorisasi data, dan dokumentasi berupa foto yang diambil oleh penulis secara langsung dan terdapat beberapa yang mengambil di sosial media. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi program Festival Al-A’zhom dalam menjaga eksistensi Masjid Raya Al-A’zhom melalui empat tahap. Yakni tahap perencanaan dimulai dengan audiensi, rapat koordinasi untuk merancang kegiatan serta penyusunan proposal. Tahap selanjutnya adalah produksi program dengan menyatukan pemikian kreatif dari berbagai pihak, lalu eksekusi program dengan mengatur jadwal sesuai jenis kegiatan yang telah direncanakan, tahap terakhir adalah evaluasi program yang dilakukan dengan adanya evaluasi harian serta evaluasi keseluruhan dalam bentuk laporan pertanggung jawaban. Selain itu terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat strategi program yang berasal dari internal serta eksternal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Sadewo Ajimassdewo22@gmail.comB04219031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBramayudha, Airlanggabram.airlangga@gmail.com2014127901
Subjects: Manajemen Dakwah
Masjid
Keywords: Strategi program; eksistensi Masjid; Masjid Raya al-A’zhom
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Sadewo Aji Saputra
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:26
Last Modified: 06 Oct 2023 03:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65696

Actions (login required)

View Item View Item