Hubungan optimisme dan dukungan teman sebaya dengan resiliensi akademik mahasiswa akhir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Danianta, Prames Berliana (2023) Hubungan optimisme dan dukungan teman sebaya dengan resiliensi akademik mahasiswa akhir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Prames Berliana Danianta_J01219030 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Resiliensi merupakan kemampuan agar tetap bersikap tenang dan bertahan sehingga dapat menuntaskan segala proses yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan optimisme dan dukungan teman sebaya dengan resiliensi akademik mahasiswa akhir. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif korelasional dengan subjek yang berjumlah 385 orang yang dipilih dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan tiga skala variabel dengan menggunakan google form yang disebarkan melalui media sosial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa optimisme dan resiliensi akademik memiliki hubungan positif dan pada variabel optimisme memberikan sumbangan efektif sebesar 21,8%. Sedangkan variabel dukungan teman sebaya dengan resiliensi akademik memiliki hubungan positif dengan nilai sumbangan efektif pada variabel dukungan teman sebaya sebesar 32,9%. Maka dalam uji F menghasilkan hubungan positif dan signifikan pada variabel optimisme dan dukungan teman sebaya dengan resiliensi akademik, sebesar 54,9% dinyatakan bahwa kedua variabel tersebut telah mempengaruhi dan 45,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Danianta, Prames Berlianaberlianadanianta@gmail.comJ01219030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotimah, Siti Khorriyatulkhotim_psi@yahoo.com2016117701
Subjects: Masyarakat
Psikologi Belajar
Keywords: Optimisme; dukungan teman sebaya; resiliensi akademik
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Prames Berliana Danianta
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:57
Last Modified: 03 Oct 2023 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65698

Actions (login required)

View Item View Item