Analisis siyasah idariyah terhadap pemenuhan hak dokumen kependudukan bagi anak jalanan menurut peraturan perundang undangan (studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alifa, Mukhlissina Putri (2023) Analisis siyasah idariyah terhadap pemenuhan hak dokumen kependudukan bagi anak jalanan menurut peraturan perundang undangan (studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mukhlissina Putri Alifa_C94219096.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini memiliki judul “Analisis Siya̅sah Ida̅riyah Terhadap Pemenuhan Hak Dokumen Kependudukan Bagi Anak Jalanan Menurut Peraturan Perundang-Undangan (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo)”. Tujuan dilakukannya Penulisan skripsi ini adalah untuk menjawab pertanyaan pada rumusan masalah yakni bagaimana upaya pemerintah
Kabupaten Sidoarjo dalam melaksanakan tanggung jawabnya untuk menjamin perolehan identitas bagi anak jalanan serta menjawab bagaimana perspektif Siyāsah Idāriyah dalam penjaminan perolehan identitas bagi anak jalanan pada kabupaten sidoarjo. Skripsi ini merupakan jenis penelitian yuridis empiris, yang mana hasil penelitian di dapat dari hasil wawancara dan observasi lapangan yang dianggap relevan dengan penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang nantinya menghasilkan suatu data dengan jenis induktif analisis. yakni dengan memulai pada variabel yang bersifat khusus terkait tugas upaya pemenuhan hak dokumen kependudukan bagi anak jalanan menurut Perundang-undangan kemudian ditarik ke variabel yang umum dengan teori Siyāsah Idāriyah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo dalam penjaminan hak atas identitas anak jalanan dapat dikatakan sudah cukup baik dan telah dijalakan semaksimal mungkin yang mana hal tersebut diperkuat dengan aturan yang sangat memperhatikan keadaan anak jalanan tetapi walaupun aturan sudah dapat dikatakan baik namun dalam pelaksanaannya beberapa aturan masih kurang aplikatif dalam pemenuhan kepentingan bagi anak jalanan, yang mana hambatan masih dirasakan bagi anak jalanan tersebut dalam upaya mengurus identitas atau dokumen kependudukan, dan tidak adanya upaya sosialisasi kepada anak jalanan. Berdasarkan kesimpulan diatas dalam rangka terlaksananya pemenuhan hak idenititas bagi anak jalanan di Kabupaten Sidoarjo maka diharapkan pada penelitian berikutnya dapat menjabarkan terkait keresahan masyarakat sehingga kurangnya minat masyarkat dalam kepengurusan dokumen kependudukan dan agar nantinya pemerintah agar dapat mengevaluasi terkait kinerja setiap dinas yang bergerak dibidangnya agar dapat melakukan pelayanan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alifa, Mukhlissina Putriputrialifanasibu@gmail.comC94219096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSafiudin R, Achmadsafiudin@uinsby.ac.id2029129203
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Masyarakat
Anak Jalanan
Hak Asasi Manusia
Orang tua dan Anak
Keywords: Siyasah idariyah; dokumen kependudukan; anak jalanan; peraturan perundang undangan; dinas kependudukan dan catatan sipil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Mukhlissina Putri Alifa
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:51
Last Modified: 06 Oct 2023 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65706

Actions (login required)

View Item View Item