Perlindungan hukum terhadap anak penyalahguna narkotika dalam perspektif viktimologi dan hukum pidana islam (studi kasus di Balai Pemasyarakatan Klas 1 Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naufal, Ahmad (2023) Perlindungan hukum terhadap anak penyalahguna narkotika dalam perspektif viktimologi dan hukum pidana islam (studi kasus di Balai Pemasyarakatan Klas 1 Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Ahmad Naufal_C03219002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul ”Perlindungan Hukum Terhadap Anak Penyalahguna Narkotika dalam Prespektif Viktimologi Dan Hukum Pidana Islam Studi Kasus di Balai Pemasyarakatan Kelas 1 Surabaya” merupakan hasil penelitian untuk menjawab rumusan masalah yang terkait dengan bagaimana perlindungan hukum terhadap anak penyalahguna narkotika di Bala i Pemasyarakatan Kelas 1 Surabaya, serta bagaimana perlindungan hukum terhadap anak penyalahguna narkotika dalam prespektif viktimologi dan hukum pidana Islam. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian hukum empiris dengan studi kasus (Case Study) melalui metode wawancara atau interview. Bahan hukum yang diambil dari buku, artikel jurnal, skripsi dan undang-undang yang digunakan untuk menganalisis data primer. Sedangkan analisis data yang digunakan penulis ialah metode kualitatif dengan menggunakan pola pikir deduktif yaitu mendeskripsikan data dan dalil-dalil hukum yang bersifat umum kemudian ditarik ke dalam kesimpulan yang khusus. Berdasarkan tinjauan hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat diketahui perlindungan hukum terhadap anak penyalahguna narkotika di Balai Pemasyarakatan Kelas 1 Surabaya berupa pendampingan oleh pembimbing kemasyarakatan (PK) mulai sejak awal ajudikasi, pra ajudikasi sampai pasca ajudikasi serta pemenuhan hak-hak yang dimiliki anak ketika didalam Balai Pemasyarakatan Kelas 1 Surabaya, sedangkan apabila ditinjau menggunakan Teori Viktimologi yaitu Self victimizing victimologi korban menurut Schafer dan Separovic yang ditinjau dari tanggung jawab, keadaan atau status korban. Anak penyalahguna narkotika diposisikan sebagai korban, meskipun dia menjadi korban karena perbutannya sendiri atau kejahatan yang tidak menimbulkan adanya korban. Sementara itu, dalam hukum pidana Islam perbuatan anak penyalahguna narkotika tersebut dikategorikan jarimah ta’zir, sehingga untuk sanksi atau hukumannya dijatuhkan atas dasar kebijaksanaan hakim karena tidak terdapat dalam Al-qur’an dan Hadis. Akan tetapi, hukuman dari anak penyalahguna narktika berbeda dengan orang dewasa dikarenakan demi kemaslahatan bagi anak yang belu m mukallaf berupa hukuman ta’dib (didikan). Maka dari pada itu, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan tindak pidana penyalahguna narkotika yang dilakukan oleh anak, dapat dideteksi dari sejak dini yang dilakukan oleh orang tua dengan cara memeberi pendidikan yang baik bagi anak serta memantau pergaulan anak dengan siapa saja. Pihak kepolisian yang dibantu dengan Balai Pemasyarakatan Kelas 1 Surabaya saling bersinergi dengan melakukan kegiatan sosialisasi kepada warga atau masyarakat sekitar. Dengan tujuan mencegah tindak pidana penyalahguna yang dilakukan oleh anak agar tidak terjadi kembali dan menciptakan lingkungan masyarakat yang aman, tentram, damai dan kondusif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naufal, Ahmadnaufalahmad07112000@gmail.comC03219002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyadi, Imronimrosyad@yahoo.com2010036901
Subjects: Anak
Hukum > Hukum Pidana Islam
Narkotika
Keywords: Perlindungan hukum; anak; penyalahguna narkotika; perspektif viktimologi; hukum pidana islam; balai pemasyarakatan klas 1 surabaya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ahmad Naufal
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:51
Last Modified: 27 Sep 2023 04:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65722

Available Versions of this Item

  • Perlindungan hukum terhadap anak penyalahguna narkotika dalam perspektif viktimologi dan hukum pidana islam (studi kasus di Balai Pemasyarakatan Klas 1 Surabaya). (deposited 27 Sep 2023 04:51) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item