Pemberdayaan petani kopi pasca pandemi covid-19 melalui digital marketing di Desa Cipasung Kecamatan Darma kabupaten Kuningan Jawa Barat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitrianingsih, Rahayu (2023) Pemberdayaan petani kopi pasca pandemi covid-19 melalui digital marketing di Desa Cipasung Kecamatan Darma kabupaten Kuningan Jawa Barat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahayu Fitrianingsih_B92219123.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penelitian pendampingan pada kelompok petani kopi liberika untuk meningkatkan penjualan dan perluasan pemasaran melalui digital marketing. Desa Cipasung memiliki asset yang melimpah baik sumber daya alam maupun sumer daya manusianya. Dibidang sumber daya alam Desa Cipasung memiliki komoditas kopi varietas langka yakni kopi liberika. Kopi Liberika merupakan jenis kopi yang memiliki daun yang lebar memiliki biji yang lebih lonjong dan berukuran lebih besar. Kopi liberika memiliki aroma seperti buah Nangka. Pengembangan kopi liberika sudah ditahap pembentukan agrowisata yang milik kelompok petani kopi Sirung Tanjung. Kelompok petani kopi Sirung Tanjung berfokus pada pengelolahaan kopi dengan konsep edukasi dari hulu hingga ke hilir. Penelitian aksi ini berfokus pada strategi perubahaan dalam proses pemberdayaan petani kopi agar mampu mengoptimalkan asset yang ada melalui digital marketing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ABCD (Asset Based Community Development) yang berbasis pada potensi asset yang dimiliki yaitu kopi liberika dalam melakukan suatu perubahan untuk mewujudkan keinginan yang telah diimpikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitrianingsih, Rahayufrahayu903@gmail.comB92219123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, Munir--2017035901
Subjects: Pemasaran
Pemberdayaan
Pertanian
Keywords: Digital marketing; empowerment; coffee farmer
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rahayu Fitrianingsih
Date Deposited: 11 Oct 2023 05:07
Last Modified: 11 Oct 2023 05:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65726

Actions (login required)

View Item View Item