Tinjauan hukum islam terhadap pemberian nafkah dari game online di kecamatan Nganjuk kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putrawan, Ade Maulana (2023) Tinjauan hukum islam terhadap pemberian nafkah dari game online di kecamatan Nganjuk kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ade Maulana Putrawan_C71218034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk meneliti perspektif hukum Islam dalam memandang pemberian nafkah dari hasil Game Online dalam dua rumusan masalah, pertama, bagaimana game online dalam pandangan Islam?. Kedua, bagaimana hukum pemberian nafkah terhadap keluarga di kecamatan Nganjuk dari hasil game online?. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan library research atau studi Pustaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini, Dapat dipahami bahwasannya bermain game online hukumnya adalah boleh, namun kebolehan tersebut bergantung pada keadaan dan dampak yang terjadi pada pemain game tersebut. Jika bermaingame online dilakukan secara terus menerus dan menjadikan terbengkalainya kewajiban, menjadikannya pemalas dan menimbulkan efek negatif lainnya maka status hukumnya berubah menjadi haram. Adapun nafkah yang diberikan pada keluarga dari hasil bermain game online tersebut disandarkan pada bagaimana cara mendapatkannya. Jika permainan game online tersebut terdapat unsur perjudian ataupun pemain game online berlebihan dalam memainkan game tersebut sehingga menimbulkan mudharat bagi diri sendiri maupun keluarganya maka nafkah yang didapatkan dan diberikan kepada keluarganya berubah status menjadi haram. Sebagai saran, seorang pemain game online mampu mengatur waktunya dengan baik demi mencapai kemaslahatan bagi diri dan keluarganya Jika seorang pemain game ingin memberikan nafkah kepada keluarganya, hendaknya mencari sebuah platform yang menghindari adanya unsur perjudian namun hasilnya juga menjanjikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putrawan, Ade Maulanaademaulanaputrawan02@gmail.comC71218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarjiyati, Sriwarjiyatisri@gmail.com2026086802
Subjects: Hukum Islam
Keluarga
Keywords: Hukum islam; nafkah; game online
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ade Maulana Putrawan
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:49
Last Modified: 06 Oct 2023 08:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65727

Actions (login required)

View Item View Item