Pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja dengan organizational citizenship behavior sebagai variabel moderasi pada pegawai kementerian agama kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Meilani, Dina Putri (2023) Pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja dengan organizational citizenship behavior sebagai variabel moderasi pada pegawai kementerian agama kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Putri Meilani_B74219039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan kerja pada karyawan merupakan perasaan senang yang timbul setelah mereka melihat pekerjaan mereka sesuai dengan ekspetasi. Kepuasan kerja dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu dinilai dari kinerja seseorang karyawan sendiri. Budaya organisasi perlu untuk memeperhatikan faktor tersebut demi meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Budaya organisasi yang baik juga dapat membangkitkan perilaku OCB dengan karyawan yang saling membantu menyelesaikan tugas rekan kerja, sehingga dapat menghasilkan kepuasan kerja tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja pada pegawai Kator Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo, untuk mengetahui pengaruh organizational citizenship behavior terhadap kepuasan kerja pada pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo, dan untuk mengetahuiapakah organizational citizenship behavior dapat memoderasi hubungan antara budaya organisasi dengan kepuasan kerja pada pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Sampling acak sederhana (Simple Random Sampling). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan software SPSS 16.0 dan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menujukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, organizational citizenship behavior berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, dan organizational citizenship behavior dapat meoderasi antara budaya organisasi terhadap kepuasan kerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Meilani, Dina Putridinaputrimeilani@gmail.comB74219039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaesaroh, Imasimas.kholis@gmail.com2014056601
Subjects: Budaya Organisasi
Kebudayaan
Perilaku
Keywords: budaya organisasi, kepuasan kerja, dan organizational citizenship behavior
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Dina Putri Meilani
Date Deposited: 06 Oct 2023 09:28
Last Modified: 06 Oct 2023 09:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65730

Actions (login required)

View Item View Item