Representasi nilai-nilai Islam dalam film Mengejar Surga : analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rindianto, M. Alief (2023) Representasi nilai-nilai Islam dalam film Mengejar Surga : analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Alief Rindianto_B01218019 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Bagaimana representasi nilai – nilai Islam dalam Film Mengejar Surga berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi nilai – nilai Islam dalam Film Mengejar Surga berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis teks media untuk menjawab fokus permasalahan di atas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes dengan dua tahapan signifikansi, yaitu denotasi dan konotasi. Teknik pengumpulan data dengan meneliti adegan-adegan yang ditampilkan dalam film Mengejar Surga. Peneliti menyimpulkan bahwa representasi nilai – nilai Islam dalam film Mengejar Surga disajikan dalam bentuk adegan-adegan yang ditampilkan oleh para pemainnya meliputi dua aspek, yaitu yang berkaitan dengan keimanan atau keyakinan kepada Allah SWT, kedua yang berkaitan dengan aturan atau ketetapan Allah SWT. Ada saran yang peneliti sampaikan. yaitu untuk masuk lebih dalam ke studi agar lebih detail.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rindianto, M. AliefAlief3244@gmail.comB01218019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRazi, Fahrurfroziyas@yahoo.co.id2012066901
Subjects: Islam
Komunikasi
Keywords: Representasi; nilai–nilai Islam; semiotik Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: M. Alief Rindianto
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:53
Last Modified: 04 Oct 2023 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65736

Actions (login required)

View Item View Item