Pengaruh kompetensi sumber daya manusia,pemanfaatan teknologi informasi,sistem pengendalian internal pemerintah dan partisipasi masyarakat terhadap akuntabilitas dana desa di desa Pronojiwo kecamatan Pronojiwo kabupaten Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imrona, Muhimmatul Ulya (2023) Pengaruh kompetensi sumber daya manusia,pemanfaatan teknologi informasi,sistem pengendalian internal pemerintah dan partisipasi masyarakat terhadap akuntabilitas dana desa di desa Pronojiwo kecamatan Pronojiwo kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhimmatul Ulya Imrona_G92219103.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara kompetensi sumber daya manusia, pemnfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian internal pemerintah dan partisipasi masyarakat terhadap akuntabilias dana desa. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 70, yang diperoleh melalui metode saturaton sampling atau sampel jenuh pada seluruh aparatur desa dan Ketua RT dan Ketua RW sebagai bagian dari Lembaga Kemasyarakatan Desa. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda pada software SPSS 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian internal pemerintah dan partisipasi masyarakat berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas dana desa. Sedangakan untuk pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh signifikan dengan arah negatif. Hasil penelitian ini mendukung teori stewardship yang menyatakan bahwa steward (pemerintah desa) akan memaksimalkan dan meluruskan tujuan organisasi selaras dengan tujuan prinsipal (masyarakat sebagai pemilik dana). Hasil ini menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian internal pemerintah dan partisipasi masyarakat di Desa Pronojiwo terhadap akuntabilitas dana desa sudah diterapkan dengan baik. Namun adanya arah negatif pada variabel pemanfaatan teknologi informasi disebabkan fenomena yang terjadi di Desa Pronojiwo yaitu erupsi Gunung Semeru yang menyebabkan kurang maksimalnya indikator jaringan internet. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan rendahnya nilai kuesioner variabel pemanfaatan teknologi informasi pada indikator jaringan internet.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imrona, Muhimmatul Ulyag92219103@student.uinsby.ac.idG92219103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, Imamibe@uinsby.ac.id2026096801
Subjects: Akuntansi
Keywords: Kompetensi sumber daya manusia; pemanfaatan teknologi informasi; sistem pengendalian internal pemerintah; partisipasi masyarakat; akuntabilitas dana desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Muhimmatul Ulya
Date Deposited: 10 Oct 2023 01:58
Last Modified: 01 Nov 2023 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65742

Actions (login required)

View Item View Item