Perspektif hukum islam terhadap praktik jual beli online senapan angin dengan sistem dropshipping di Bdhil Sport Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hartanti, Ariska Devinur (2023) Perspektif hukum islam terhadap praktik jual beli online senapan angin dengan sistem dropshipping di Bdhil Sport Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
ariska devi nur_ C92217067.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Perspektif Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Online Senapan Angin Dengan Sistem Dropshipping Di Bdhil Sport Kediri” merupakan hasil dari penelitian lapangan yang memiliki tujuan untuk menjawab pertanyaan tentang: 1) Bagaimana praktik bai’as-salam (بيع السلم) pada produk senapan angin di Bdhil Sport kediri? dan 2) Bagaimana analisis hukum islam dan Fatwa DSN MUI NO:145/DSN-MUI/XII/2021 terhadap praktik bai’as-salam (بيع السلم) pada produk senapan angin dengan sistem dropshipping di Bdhil Sport Kediri?.Penelitian ini menggunakan teori bai’ as-salam (بيع السلم) dan Fatwa DSN MUI NO:145/DSN-MUI/XII/2021 dan analinis data penelitian dihimpun melalui observasi, wawancara dan studi dokumen dengan pemilik toko senapan angin Bdhil Sport Kediri dan konsumen dari senapan angin Bdhil Sport Kediri, kemudian dianalisis dengan teknik yang bersifat deskriptif analisis melalui pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini yang pertama menunjukkan bahwa praktik bai’ as-salam (بيع السلم) senapan angin dengan menggunakan sistem dropshipping di Bdhil Sport Kediri dalam memasarkan produknya. Produk senapan angin yang dijual secara online adalah jenis gejluk dan PCP (Pre-Charged Pneumatic). Dalam transaksi bai’ as-salam (بيع السلم) tidak sesuai dengan prinsip hukum Islam yang sudah diatur dalam bai’ as- salam. Hasil penelitian yang kedua menunjukkan pada praktik bai’ as-salam (بيع السلم) pada produk senapan angin dengan sistem dropshipping di Bdhil Sport Kediri telah melanggar ketentuan pada bai’ as-salam (بيع السلم) dan Fatwa DSN-MUI No. 145/DSN-MUI/XII/2021 tentang dropshipping. Penjual tidak mau bertanggung jawab atas barang yang dikirim tidak sesuai diskripsi atau datang dengan keadaan cacat ketika diterima oleh pembeli.Berdasarkan kesimpulan yang telah disampaikan di atas, maka pihak Bdhil Sport Kediri Seharusnya penjual bertanggung jawab atas kelalaian pada barang. Dalam hal cacat secara fisik ataupun mengalami keterlambatan pengiriman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hartanti, Ariska Devinurariskadevi72@gmail.comC92217067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmin, Mahirmahir@uinsby.ac.id2004127205
Subjects: Hukum Ekonomi
Jual Beli
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: hukum islam, jual beli, online, dropshipping
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ariska Devinur Hartanti
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:23
Last Modified: 05 Oct 2023 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65746

Actions (login required)

View Item View Item