Analisis fiqh siyāsah dustūrīyah terhadap penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas berdasarkan peraturan daerah kabupaten Jombang nomor 14 tahun 2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahira, Shelda Thifla (2023) Analisis fiqh siyāsah dustūrīyah terhadap penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas berdasarkan peraturan daerah kabupaten Jombang nomor 14 tahun 2016. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Shelda Thifla Zahira_C04219042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peraturan daerah mengenai disabilitas di Kabupaten Jombang tertuang pada Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2016 pada bagian empat tentang pelayanan kesejahteraan sosial penyandang masalah disabilitas pasal 12. Pasal tersebut menjalakan mengenai pelayanan rehabilitas sosial salah satunya perawatan dan pengasuhan, bimbingan kewirausahaan, mental, fisik dan sebagainya. Adanya pelayanan tersebut bertolak belakang dengan fakta yang ada mengenai kesejahteraan disabilitas. Pemberian pelayanan untuk para penyandang disabilitas yang seharusnya dilaksanakan oleh pemerintah belum terlaksana dengan baik. Skripsi ini menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah: bagaimana efektivitas Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 14 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial terhadap penyandang disabilitas; dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah dusturiyyah terhadap penyandang disabilitas dalam Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 14 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Sehingga masalah ini perlu tindak lanjut sebagai penanganan sesuai dengan peraturan daerah tersendiri. Agar efektifitas dari peraturan disabilitas benar-benar terlaksana.Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif, dengan melakuan pendekatan konsep secara perundang-undangan. Selanjutnya dari sumber-sumber data dianalisis dengan teori yuridis maupun teori hukum islam secara fiqh siyasah dusturiyah. Hasil dari analisis akan dideskriptifkan, dimana menjelaskan peraturan daerah Kabupaten Jombang terhadap penyandang disabilitas. Hasil dari penelitian ini pertama, Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 14 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas, kurang efektif mengenai pelaksanaannya. Banyak faktor yang tidak dilaksanakan dalam peraturan mengenai pelayanan kesejahteraan sosial sehingga bisa dikatakan penyandang disabilitas di wilayah Kabupaten Jombang kurang sejahtera. Kedua, dalam fiqh siyasah dusturiyah peraturan tersebut tidak sesuai dengan yang terdapat dalam siyasah dusturiyah, karena tidak mencerminkan pada peraturan perundang-undang Islam yang baik, peraturan daerah tersebut banyak memiliki kekurangan baik dari peratuan, pemimpin juga masyarakatnya sendiri. Mengenai hasil kesimpulan dari penelitian yang telah dijabarkan penulis memberi saran yakni: Pertama, pengoptimalan isi dari peraturan tersebut dalam hal pelayanan kesejahteraan sosial. Kedua, perlu pembuatan peraturan tersendiri mengenai disabilitas tidak hanya memuat mengenai kesejahteraan sosial saja, karena dalam peraturan di wilyah Kabupaten Jombang mengenai disabilitas hanya terdapat dalam peraturan daerah tersebut, itupun tidak terperinci.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahira, Shelda Thiflasetizaelfira@gmail.comC04219042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWijaya, Arifrifjaya@gmail.com2019077101
Subjects: Hukum
Kebijakan Publik
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Disabilitas, Hukum, Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Shelda Thifla Zahira
Date Deposited: 03 Oct 2023 05:12
Last Modified: 03 Oct 2023 05:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65749

Actions (login required)

View Item View Item