Pengaruh modal usaha, harga jual, dan biaya promosi terhadap pendapatan usaha kuliner di Kecamatan Driyorejo: studi pada usaha kuliner yang terdaftar di DRY-JEK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Nurul (2023) Pengaruh modal usaha, harga jual, dan biaya promosi terhadap pendapatan usaha kuliner di Kecamatan Driyorejo: studi pada usaha kuliner yang terdaftar di DRY-JEK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hidayah_G72219063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel modal usaha, harga jual, dan biaya promosi memiliki pengaruh secara parsial maupun simultan terhadap pendapatan usaha kuliner di Kecamatan Driyorejo. Penelitian ini menggunakan objek para pengusaha kuliner di Kecamatan Driyorejo yang terdaftar di DRY-JEK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Penelitian asosiatif adalah penelitian yang berguna untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah sebanyak 57 pelaku usaha yang diperoleh dengan teknik probability sampling. Dalam pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda dan data diolah dengan menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial variabel independen modal usaha, harga jual, dan biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha. Dan variabel independen modal usaha, harga jual, dan biaya promosi mempunyai pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen pendapatan usaha, hal tersebut menunjukkan bahwa variabel independen tersebut harus diperhatikan karena memiliki pengaruh terhadap pendapatan. Berdasarkan penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah untuk penelitian selanjutnya dapat menambah variabel lainnya dan mengembangkan variabel yang belum diteliti oleh peneliti sebelumnya. Untuk pengusaha kuliner, hasil dari menguji variabel independen tersebut selalu dipertahankan dan ditingkatkan. Untuk platform DRY-JEK diharapkan dapat terus memperkenalkan platformnya agar semakin dikenal oleh para pengusaha kuliner dan lainnya yang ada di Kecamatan Driyorejo dan sekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Nurulnurul3010hidayah@gmail.comG72219063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustinhastanti.rahayu@uinsby.ac.id2008088302
Subjects: Akuntansi
Jual Beli
Keywords: Modal usaha; harga jual; biaya promosi; pendapatan usaha
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 09 Oct 2023 17:43
Last Modified: 09 Oct 2023 17:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65757

Actions (login required)

View Item View Item