Pesan dakwah dalam akun instagram@ekstraksiros: analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Machmuda, Sheila (2023) Pesan dakwah dalam akun instagram@ekstraksiros: analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sheila Machmuda_B01219051.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan dakwah dapat dilakukan di mana saja, baik di mimbar maupun di internet. Memadukan seni visual dan pesan dakwah yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari menjadikan Instagram sebagai pilihan yang tepat untuk media dakwah di era modern. Maka dari itu, skrispsi ini dilakukan untuk memotret praktek dakwah yang ada di media sosial. Berdasarkan latar belakang di atas peneliti merumuskan masalah mengenai pesan dakwah direpresentasikan dalam postingan di akun Instagram @ekstraksiros melalui analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mempelajari pesan dakwah dalam gambar visual di akun Instagram @ekstraksiros melalui analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis teks media dengan analisis semiotika Roland Barthes. Objek penelitian ini yakni berupa foto atau gambar visual pada postingan gambar atau foto akun Instagram @ekstraksiros. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam postingan akun Instagram @ekstraksiros merepresentasikan pesan dakwah yang meliputi tiga kategori yaitu: (1) pesan akidah mengenai adab ketika bedoa, serta kepercayaan untuk selalu berusaha dalam segala hal dan mengingat Allah SWT. (2) pesan syariah meliputi muamalah yakni bersedekah. (3) pesan akhlak meliputi perbuatan terpuji yakni berupa berbagi dengan sesama dan tercela berupa keserakahn manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Machmuda, Sheilasheilamachmuda16@gmail.comB01219051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorEmeraldien, Fikry Zahriafikry.zahria.emeraldien@uinsby.ac.id0028088902
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Jurnalisme
Keywords: Pesan dakwah; media sosial instagram; semiotika Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sheila Machmuda
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:04
Last Modified: 10 Oct 2023 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65767

Actions (login required)

View Item View Item