Pengaruh penyerapan tenaga kerja dan upah minimum terhadap pengangguran terbuka Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2012 – 2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Charismahenny, Adhin Berliana (2023) Pengaruh penyerapan tenaga kerja dan upah minimum terhadap pengangguran terbuka Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2012 – 2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adhin Berliana Charismahenny_G91219060 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis dekriptif di mana jenis data yang digunakan ialah data sekunder yang berfungsi sebagai basic data dan dilengkapi dengan data panel. Sementara analisis data yang menggunakan regresi data panel, uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (t-statistik), dan uji f-statistik. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan maka hasil dalam penelitian ini adalah secara parsial variabel penyerapan tenaga kerja (X1) berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan negatif terhadap pengangguran terbuka dengan diperoleh nilai probabilitas 0,0010. Serta variabel upah minimum (X2) berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan positif terhadap pengangguran terbuka dengan diperoleh nilai probabilitas 0,0000. Sedangkan secara simultan diperoleh nilai prob. (F-statistik) 0,000000. Hal tersebut bermakna bahwa keseluruhan variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap pengangguran terbuka kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. Kemudian sebesar 65% variabel bebas dapat mempengaruhi pengangguran terbuka kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. Studi ini diharap dapat menjadi bahan pertimbangan pemerintah dalam mengatasi pengangguran terbuka khususnya di Provinsi Jawa Timur seperti memperbanyak lapangan pekerjaan guna menyerap tenaga kerja dengan baik dan membuat program – program yang berguna untuk menambah skill dan kualitas tenaga kerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Charismahenny, Adhin Berlianaadhinberliana01@gmail.comG91219060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@uinsby.ac.id2024018703
Subjects: Pengangguran
Tenaga Kerja
Upah Minimum
Keywords: Penyerapan Tenaga Kerja; Upah Minimum; Provinsi Jawa Timur
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Adhin Berliana Charismahenny
Date Deposited: 27 Oct 2023 08:48
Last Modified: 27 Oct 2023 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65784

Actions (login required)

View Item View Item