Analisis tipologi klassen dan shift-share sebagai penentu potensi daerah di Kabupaten Rembang periode 2017-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Ika Fitriana (2023) Analisis tipologi klassen dan shift-share sebagai penentu potensi daerah di Kabupaten Rembang periode 2017-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Fitriana Putri_G01219013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisisi Tipologi Klassen dan Shift-Share sebagai Penentu Potensi Daerah di Kabupaten Rembang Periode 2017-2021”, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sektor yang berpotensi menjadi sektor unggulan di Kabupaten Rembang serta mengetahui kontribusi sektor unggulan terhadap perekonomian Kabupaten Rembang. Metodologi yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan penelitian ini merupakan data sekunder berasal dari data PDRB Provinsi Jawa Tengah dan PDRB Kabupaten Rembang. Metode yang digunakan penelitian ini dalam penentuan sektor unggulan merupakan Analisis Tipologi Klassen dan Shift Share (Regional Share, Propotional Shift, Differential Shift). Hasil analisis Tipologi Klassen menunjukkan bahwa sektor maju dan tumbuh dengan cepat adalah sektor Pertambangan dan Penggalian, dengan nilai petumbuhan ekonomi rata-rata sebesar 0.07, Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata 0.05, Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib dengan pertumbuhan rata-rata sebesar 0.01, serta Jasa Pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata 0.05. Selanjutnya, sektor Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata 0.09. Adapun juga sektor Jasa lainnya dengan perumbuhan ekonomi rata-rata 0.04. Hasil perhitungan Analisis Shift Share (SS) menunjukkan bahwa beberapa sektor memiliki keunggulan kompetitif, sektor tersebut merupakan sektor Pertambangan dan Penggalian dengan sebesar 21.89%, Industri Pengolahan 13.10%, Pengadaan Listrik dan Gas 5.19%, Konstruksi 3.92%, Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor 4.75%, Transportasi dan Pergudangan 10.33%, Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum 4.03%, Informasi dan Komunikasi 32.48%, Jasa Perusahaan 4.68%, Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib 0.56%, Jasa Pendidikan 3.77%, Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial 13.61%, serta Jasa lainnya 4.63%. Peneliti memberikan saran untuk pemerintah daerah Kabupaten Rembang agar memprioritaskan pengembangan sektor yang menjadi sektor maju dan tumbuh dengan cepat serta sektor yang memiliki pertumbuhan dan daya saing yang tinggi adalah sektor Pertambangan dan Penggalian, Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum, Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib, Jasa Pendidikan, Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial, Jasa lainnya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Rembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Ika Fitrianafitrianaika18@gmail.comG01219013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Hapsari Wijihapsari.wiji@uinsa.ac.id2108038604
Subjects: Ekonomi
Pembangunan
Potensi
Keywords: Pembangunan; sektor unggulan; tipologi klassen; shift share.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ika Fitriana Putri
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:51
Last Modified: 13 Oct 2023 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65797

Actions (login required)

View Item View Item