Makna syukur pada tradisi sedekah bumi di Desa Tlanak Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurcahyono, Ichwan Aziz (2023) Makna syukur pada tradisi sedekah bumi di Desa Tlanak Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ichwan Aziz Nurcahyono_J91219105.pdf

Download (1MB)

Abstract

Budaya merupakan cara hidup yang berkembang dan dimiliki secara bersama serta diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Berbicara tentang budaya tidak akan terlepas dari sejarah, tradisi dan makna yang terkandung di dalamnya sebagai pembeda antara kebudayaan satu dengan lainnya. Penelitian ini berfokus pada “Bagaimana sejarah dan makna syukur pada tradisi sedekah bumi yang ada di Desa Tlanak Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain fenomenologi. Sejarah dari tradisi sedekah bumi yang ada di Desa Tlanak dibawa oleh pahlawan yang bernama Raden Aji Sentono Weru yang berasal dari kerajaan Mataram atau masyarakat setempat menyebutnya Mbah Buyut Ki Sarengat. Makna syukur dari tradisi sedekah bumi di Desa Tlanak dapat disimpulkan sebagai bentuk terimakasih kepada Allah SWT atas nikmat yang diperoleh melalui hasil panen yang melimpah serta untuk menjaga kerukukan antar warga masyarakat yang ada di Desa Tlanak dan bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan penelitian terkait dengan sejarah dan makna syukur dari tradisi sedekah bumi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurcahyono, Ichwan Azizichwanazis22@gmail.comJ91219105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiti, Nur Asiyahnurays72@yahoo.co.id2027097201
Subjects: Doa dan Zikir
Masyarakat Islam
Keywords: Syukur; tradisi sedekah bumi
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Kesehatan
Depositing User: I Ichwan Aziz
Date Deposited: 09 Oct 2023 17:27
Last Modified: 09 Oct 2023 17:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65812

Actions (login required)

View Item View Item