Akuntabilitas pengelolaan keuangan Masjid: studi kasus pada Masjid Jami' at-Taufiq Sumberingin Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Dwi Farah (2023) Akuntabilitas pengelolaan keuangan Masjid: studi kasus pada Masjid Jami' at-Taufiq Sumberingin Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Farah Amalia_G92219089.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masjid merupakan salah satu organisasi nirlaba yang banyak menerima dana sumbangan dari umat Islam. Secara tidak langsung masjid sering menjadi sorotan masyarakat terkait akuntabilitas mengenai dana sumbangan masjid yang diberikan para donatur. Oleh karena itu, akuntabilitas pengelolaan keuangan merupakan salah satu topik menarik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami akuntabilitas pengelolaan keuangan Masjid Jami’ At – Taufiq Sumberingin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Adapun subjek penelitian ini sebanyak 6 informan, yang terdiri atas 3 pengurus dan 3 jamaah Masjid Jami’ At – Taufiq Sumberingin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun teknik pengabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas pengelolaan keuangan Masjid Jami’ At – Taufiq akuntabilitas pengelolaan keuangan Masjid Jami’ At – Taufiq Sumberingin dilakukan kepada jamaah dan Tuhan. Akuntabilitas kepada jamaah diimplementasikan dengan cara menyampaikan laporan keuangan dana masjid kepada masyarakat. selanjutnya akuntabilitas kepada tuhan diimplementasikan dengan memperbanyak kegiatan masjid yang bertujuan untuk memakmurkan masjid sebagai bentuk amanah dan ibadah kepada Tuhan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pengurus Masjid Jami’ At – Taufiq Sumberingin untuk menyampaikan laporan keuangan secara rinci dan menyediakan papan informasi terkait laporan keuangan masjid. Penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian yang lebih detail mengenai praktik akuntabilitas pengelolaan keuangan masjid – masjid yang ada di Kabupaten Pasuruan sehingga dapat dijadikan perbandingan dengan penelitian sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Dwi Farahameliafarah57@gamil.comG92219089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Binti Shofiatulbinti.shofiatul@uinsby.ac.id199007292019032022
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Al Qur'an
Keywords: Akuntabilitas; keuangan Masjid
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Dwi Farah Amalia
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:50
Last Modified: 17 Nov 2023 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65818

Actions (login required)

View Item View Item