Analis metode Activity Based Costing (ABC) dalam perhitungan unit cost di RS Angkasa Kencana Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiawati, Widiawati (2023) Analis metode Activity Based Costing (ABC) dalam perhitungan unit cost di RS Angkasa Kencana Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widiawati_G72219075.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis metode Activity Based Costing (ABC) dalam perhitungan unit cost di RS Angkasa Kencana Sidoarjo. Penelitian ini berlokasi di RS Angkasa Kencana Sidoarjo, yang beralamatkan di Jalan Kencana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teori dan sumber data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif model interaktif dari Miles dan Huberman, dimana tahapan analisis data ini meliputi pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan dalam perhitungan tarif rawat inap menggunakan metode Activity Based Costing (ABC) dan metode tradisional terdapat perbedaan jumlah tarif yang ditetapkan, sehingga menimbulkan selisih pada beberapa kelas yaitu kelas Super VVIP B, kelas III, kelas TC, kelas NICU,kelas FISIOL, dan kelas PATHOL. Meskipun beberapa kelas mendapatkan asuransi dari pihak luar, tetap saja ada beberapa kelas yang tarifnya lebih murah jika dihitung menggunakan metode tradisional. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pasien rawat inap yang memilih kelas I dibandingkan kelas lain, karena perbedaan fasilitasnya. Hasil lainnya menunjukkan adanya perbedaan pembebanan biaya overhead pada masing-masing produk atau kelas rawat inap, pada metode tradisional biaya overhead masing-masing kamar hanya dibebankan pada satu cost driver, sehingga cenderung mengakibatkan distorsi pada pembebanan biaya overhead. Sedangkan pada metode Activity Based Costing (ABC) biaya overhead dibebankan pada masing-masing produk atau kamar rawat inap dengan beberapa cost driver.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiawati, Widiawatiwidiaawy.wati31@gmail.comG72219075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunjunan, Mochammad Ilyasmij@uinsby.ac.id2030039303
Subjects: Keuangan > Keuangan - Manajemen
Keywords: Metode Activity Based Costing (ABC); unit cost
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Widiawati Widiawati
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:41
Last Modified: 06 Oct 2023 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65819

Actions (login required)

View Item View Item