Pemberdayaan ekonomi kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) melalui pengelolaan limbah ampas tahu di Dusun Klagen Desa Tropodo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diana, Ilvi Nur (2023) Pemberdayaan ekonomi kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) melalui pengelolaan limbah ampas tahu di Dusun Klagen Desa Tropodo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilvi Nur Diana_B02219018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemberdayaan ekonomi kelompok pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK) melalui pengelolaan limbah ampas tahu. Penelitan ini bertujuan melakukan suatu perubahan masyarakat dengan melihat kondisi ekonomi sebelum pemberdayaan, melakukan strategi pemberdayaan serta hasil yang didapat dengan adanya pemberdayaan yang terkait relevansi dakwah dalam pemberdayaan pengelolaan ampas tahu. Dalam penelitian pendampingan ini menggunakan metode pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) dimana pendekatan ini fokus pada aset yang dimiliki. Mencakup 5D dalam Apreciative Inquiry, diantaranya yaitu (Discovery) menemukali dan mengali aset, (Dream) membangun impian, (Design) menyunsun strategi, (Define) menentukan program, (Destiny) melakukan aksi program. Komunitas PKK sangat antusias dan semangat dalam melakukan program kegiatan pengelolaan ampas tahu menjadi produk makanan stik ampas tahu dan juga nuget ampas tahu. Dengan adanya pengelolaan ampas tahu kelompok perempuan memiliki jiwa kewirausahaan yang berguna dalam meningkatkan perekonomian sehingga dapat menambah pendapatan keluarga. Serta dapat memanfaatkan potensi aset dengan menginplementasikan dakwah islam pemberdayaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diana, Ilvi Nurilviidiana28@gmail.comB02219018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Kesejahteraan Sosial
Masyarakat Islam
Keywords: Pemberdayaan ekonomi; pengelolaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ilvi Nur Diana
Date Deposited: 09 Oct 2023 17:51
Last Modified: 09 Oct 2023 17:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65823

Actions (login required)

View Item View Item