Analisis hukum islam terhadap Penerapan Khiyar dalam jual beli part HP pada stand service HP di WTC Mall Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ashari, M. Ilyasha (2023) Analisis hukum islam terhadap Penerapan Khiyar dalam jual beli part HP pada stand service HP di WTC Mall Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ilyas Ashari_C72219063 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan dengan judul analisis hukum Islam terhadap penerapan khiyār dalam jual beli part HP pada stand service HP di WTC Mall Surabaya. Penelitian ini untuk menjawab persoalan bagaimana penerapan khiyār dalam jual beli part HP pada stand service HP di WTC Mall Surabaya dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap penerapan khiyār dalam jual beli part HP pada stand service HP di WTC Mall Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pola pikir induktif, yaitu memaparkan fakta yang ada di lapangan kemudian disusun, diolah, dan dikaji sehingga dapat ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penjual part HP yang telah diwawancarai sudah memberikan khiyār ini kepada pembelinya. Walaupun, penerapan khiyār dalam jual beli part HP di WTC Mall Surabaya ini masih terbilang belum sempurna atau masih tidak sesuai dengan hukum Islam yang ada. Berdasarkan persoalan yang peneliti bahas dalam skripsi ini, maka peneliti menyampaikan saran bagi sesama muslim untuk melakukan proses jual beli sesuai dengan hukum Islam yang ada. Bagi para penjual part HP dalam praktik jual beli part HP di WTC Mall Surabaya untuk mengimplementasikan sistem jual beli yang sesuai dengan hukum Islam dengan memberikan hak pilih atau khiyār kepada pembeli agar menimbulkan rasa saling suka sama suka antar penjual dan pembeli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ashari, M. Ilyashailyashaashari01@gmail.comC72219063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIdri, Idri--2002016701
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Hukum Islam; khiyār; part HP
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: M. Ilyasha Ashari
Date Deposited: 07 Oct 2023 03:30
Last Modified: 07 Oct 2023 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65837

Actions (login required)

View Item View Item