pemberdayaan buruh tani korban modernisasi pertanian di Dusun Singkul Desa Karangtawar Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Rohmatul (2023) pemberdayaan buruh tani korban modernisasi pertanian di Dusun Singkul Desa Karangtawar Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmatul Hidayah_B72219071 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana kondisi buruh tani korban modernisasi pertanian di Dusun Singkul? 2) Bagaimana strategi yang tepat untuk memberikan peluang hidup setelah adanya perubahan sumber penghidupan? 3) Bagaimanakah hasil dari capaian program pemberdayaan buruh tani korban modernisasi pertanian? Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Dalam proses penelitian ini dilakukan dengan mengkaji permasalahan bersama para buruh tani sampai pada tahap pemecahan masalah yang dapat menciptakan perubahan sosial, dimulai dari pemetaan sosial yang dilakukan oleh peneliti pada 2021, inkulturasi, penggalian data, pemetaan partisipatif, menentukan masalah, menyusun strategi, melaksanakan program, keberlanjutan pada program, dan yang terakhir monitoring dan evaluasi.Hasil dari penelitian mengenai kondisi buruh tani saat adanya modernisasi pertanian yang membuat para buruh tani mengalami penurunan penghasilan. Peneliti dan masyarakat mencoba untuk menyelesaikan melalui pemberdayaan yaitu, 1) Buruh tani memiliki pengetahuan dan mampu memahami mengenai pengembangan keterampilan. 2) Adanya kelompok paguyuban buruh tani dalam pengembangan keterampilan. 3) terbentuknya kebijakan yang dibuat oleh pemerintah desa yang mendukung mengenai pengembangan keterampilan. 4) Tersedianya sarana untuk memfasilitasi para buruh tani dalam melakukan kegiatan pengembangan keterampilan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Rohmatulrohmatul.hida0410@gmail.comB72219071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Buruh Tani; Pemberdayaan; Pendampingan; Wirausaha
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rohmatul Hidayah
Date Deposited: 07 Oct 2023 04:09
Last Modified: 07 Oct 2023 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65844

Actions (login required)

View Item View Item