Analisis bay‘ as-salam terhadap jual beli pre-order merchandise Korea official di toko online Idoudokstore

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Alamiah, Fawallia 'Ansyarril (2023) Analisis bay‘ as-salam terhadap jual beli pre-order merchandise Korea official di toko online Idoudokstore. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fawallia 'Ansyarril 'Alamiah_C922181 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jual Beli Pre-Order Merchandise Korea Official menjadi bisnis sangat digemari, mengingat pertumbuhan penggemar di seluruh dunia meningkat setiap tahunnya. Dan didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin mempermudah banyak orang dapat mengaksesnya. Maka banyak yang memanfaatkan fenomena ini, salah satunya Toko Online Idoudokstore. Namun pada kenyataannya terdapat beberapa kendala yang terjadi selama proses pre-orde atau PO. Kendala inilah yang terkadang ketika tidak diperhatikan dapat merugikan pada salah satu pihak. Skripsi ini bertujuan menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam rumusan masalah ini: bagaimana praktik jual beli pre-order merchandise Korea official di toko online Idoudokstore dan bagaimana analisis Bay„ as-salam terhadap jual beli pre-order merchandise Korea official di toko online Idoudokstore. Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik penelitian lapangan (field research) dan pendekatan hukum empiris. Teknik analisis data memakai deskriptif analisis deduktif yang digunakan menggambarkan dan membandingkan fakta-fakta bay„ as-salam dengan praktik jual beli pre-order merchandise Korea official yang dilakukan di toko online Idoudokstore. Hasil penelitian bahwa jual beli pre-order merchandise Korea official di akun toko online Idoudokstore dalam praktiknya terjadinya kecacatan pada barang yang dipesan, terdapat penambahan harga akibat penambahan volume packaging asli, dan ketidak jelasan waktu pengiriman yang mengakibatkan keterlambatan atas kedatangan barang yang dipesan ketangan pemesan. Menurut pandangan Bay„ As-Salam Jual beli pre-order merchandise Korea official masih ada beberapa yang belum terpenuhi seperti masih banyak proses pembayaran yang tidak dibayarkan secara tunai, keterlambatan penyerahan barang yang tidak sesuai diawal pemesanan. Namun hal ini sejak awal pre-order, penjual sudah memberikan rules untuk ditaati. Karena hal ini secara tidak langsung mengikat kedua belah pihak secara langsung maupun tidak. Sejalan dengan ini, maka disarankan untuk Penjual: Sebaiknya tetap menginformasikan melalui media sosial terkait tanggal rilis terutama yang non album secara continue. Karena masih banyak pemesan yang belum mengetahui hal tersebut, sehingga dapat menimbulkan ketidak jelasan atas waktu penyerahan barang pesanan. Bagi pemesan: Sebaiknya lebih teliti dan berhati-hati dalam memahami setiap rules pemesanan barang, jangan sampai merugikan diri sendiri dan orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Alamiah, Fawallia 'Ansyarrilfawallia1@gmail.comC92218130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChoiroh, Ifa Mutiatulifachoiroh@gmail.com2030047902
Subjects: Ekonomi Islam
Fikih
Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Jual Beli; Pre-Order Merchandise Korea
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fawallia Fawallia 'Ansyarril 'Alamiah
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:24
Last Modified: 04 Oct 2023 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65848

Actions (login required)

View Item View Item