Pendampingan ibu-ibu kader lingkungan dalam budidaya Toga Di Desa Sidorejo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, Nita Nuriyah (2023) Pendampingan ibu-ibu kader lingkungan dalam budidaya Toga Di Desa Sidorejo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nita Nuriyah Ali_B02219028 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas terkait Pendampingan Ibu-ibu Kader Lingkungan dalam Budidaya Toga di Desa Sidorejo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan aset dan potensi yang dimiliki oleh Ibu-ibu Kader lingkungan di Desa Sidorejo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut diawali dengan merumuskan beberapa fokus penelitian sebagai berikut: 1). Bagaimana gambaran potensi dan asset Ibu-ibu Kader Lingkungan ? Bagaimana strategi pendampingan Ibu-ibu Kader Lingkungan dalam budidaya toga?, Bagaimana hasil yang diperoleh setelah dilakukanya pendampingan Ibu-ibu Kader lingkungan?. Proses pendampingan ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development). Pendekatan ini fokus pada aset yang dimiliki mencakup 5D dalam Apreciative Inquiry , diantaranya yakni Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Hasil dari penelitian serta aksi yang sudah dijalankan adalah masyarakat lebih peka terhadap kelebihan aset yang ada di sekitar mereka serta masyarakat sudah mampu mengembangkan potensi, keterampilan, dan inovasi yang mereka miliki, dengan membudidayakan toga, pengolahan hasil toga, dan juga penguatan Ibu-Ibu Kader Lingkungan dengan menginplementasikan dakwah islam pemberdayaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, Nita Nuriyahnitanuriyah6@gmail.comB02219028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, M. Mansyur--2017035901
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Kesejahteraan Sosial
Pengabdian Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pendampingan Komunitas; Budidaya toga; lingkungan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: S.Sos Nita Nuriyah
Date Deposited: 07 Oct 2023 04:59
Last Modified: 07 Oct 2023 04:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65849

Actions (login required)

View Item View Item