Kajian tafsir al Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya: studi kasus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choriyati, Ina (1999) Kajian tafsir al Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya: studi kasus. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (763kB) | Preview

Abstract

Al Qur’an adalah sumber dari segala sumber kehidupan dan ilmu pengetahuan bagi manusia, mengandung hal hal yang berhubungan dengan kehidupan, keimanan dan kisah kisah falsafah, peraturan yang mengatur tingkah laku manusia, baik sebagai makhluk individu ataupun makhluk sosial. Atas dasar semua itu setiap manusia wajib memanfaatkan pendengarannya untuk memperoleh ilmu pengetahuan dari orang lain dan sebaliknya, memperoleh cerita, riwayat dan masih banyak yang lain. Dengan penglihatan dia bisa mengadakan penelitian, pengamatan, eksperimen, dengan penglihatan itulah ilmu pengetahuan tentang jagat raya dapat ditegakkan. Rumusan masalah yang akan di bahas dalam skripsi ini adalah sebagai berikut 1). Jenis tafsir apakah yang dipergunakan dalam kajian tersebut dipondok pesantren hidayatullah? 2). Metode apakah yang diterapkan di pondok tersebut? Dalam penyusunan skripsi ini digunakan metode induktif yang berangkat dari fakta fakta yang khusus, peristiwa peristiwa yang kongkrit, kemudian peristiwa dan fakta yang kongkrit itu dapat ditarik generalisasi yang mempunyai sifat umum. Metode deduktif yaitu apa saja yang dipandang benar pada semua peristiwa dalam suatu kelas atau jenis, berlaku juga sebagai hal yang benar pada semua peristiwa yang termasuk dalam kelas atau jenis itu. Metode deskriptif yaitu memaparkan apa adanya dengan teori teori yang penulis pelajari kemudian menganalisa berdasarkan realita yang ada. Metode komparatif yaitu mempelajari teori teori yang ada meneliti data yang sudah berkumpul kemudian dibandingkan sebagai landasan untuk menentukan pendirian lebih lanut. Dari pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa kajian tafsir al qur’an dalam studi tafsir di pondok pesantren hidayatullah tahun 1998-1999 sudah dikatan cukup sesuai dengan teori para ulama’ mufassir maudhu’I karena dengan masing masing tafsir selain berpedoman pada silabus yang disediakan juga mengembangkan dengan ayat ayat yang belum tercakup dalam suatu tema pembahasan. Adapun di pondok hidayatullah Surabaya telah menggunakan metode metode sebagai berikut: Metode muhadharah, munaqasah, mudhakaroh, partikum bacakitab dan mengundang pakar mufassir untuk membahas tema tema actual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choriyati, Ina--UNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tasfir Hadis
Tafsir
Keywords: Tafsir; hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Users 3213 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 07:27
Last Modified: 09 May 2017 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6585

Actions (login required)

View Item View Item