Budaya organisasi dalam mendukung kegiatan dakwah di Yayasan Al Hayyu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmadani, A'yuna Friska (2022) Budaya organisasi dalam mendukung kegiatan dakwah di Yayasan Al Hayyu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
A'yuna Friska Rahmadani_B94217089.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan budaya organisasi serta menemukan karakteristik budaya organisasi dalam mendukung kegiatan dakwah di Yayasan Al Hayyu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitataif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data primer terdiri dari hasil lapangan dan Wawancara narasumber. Kemudian, sumber data sekunder terdiri dari dokumen. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi dokumentasi dan trianggulasi. Dalam teknis validitas data peneliti menggunakan uji kredibilitas perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Pada teknis analisis data peneliti menggunakan teknik analisa data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Diantaranya adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Yayasan Al Hayyu membentuk budaya organisasi melalui proses. Pertama, pengasuh melibatkan pengurus disetiap kegiatan bersama. Kedua, pengasuh mempertahankan individu yang dianggap memiliki cara berpikir dan merasakan yang sama. Ketiga, pengasuh melakukan sosialisasi terhadap individu pengurus Yayasan Al Hayyu. Keempat, pengasuh berperilaku sebagai model yang dapat mendorong individu kedalam organisasi. Kelima, terbentuk Perilaku pengurus berdasarkan ajaran. Yayasan Al Hayyu dalam hal praktik menerapkan karakteristik budaya organisasi. Hal itu dibuktikan bahwa pengurus memiliki tanggung jawab yang besar, kesadaran diri dan kesediaan dalam mengabdi. Perilaku tersebut mewujud dalam satu bahasa berupa semboyan Yayasan Al Hayyu. Yaitu berbunyi “Ngudi Kawelasan Gusti Kanthi Tulusing Ati“. Hal itu berarti bahwa pengurus Yayasan Al Hayyu terus melakukan kebaikan tanpa mengharap imbalan sampai puncak ketulusan karena ketaatan kepada Allah SWT. Adapun timbal balik diberikan tanpa kesetaraan usaha melainkan keseluruhan tanpa terkecuali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmadani, A'yuna Friskayuyunrahma08@gmail.comB94217089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDHakim, Ahmad Khairulkhairul.hakim@uinsby.ac.id2030127501
Subjects: Akulturasi
Dakwah > Dakwah - Manajemen
Kebudayaan
Keywords: Budaya Organisasi;Karakteristik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: A'yuna Friska Rahmadani
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:25
Last Modified: 03 Oct 2023 04:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65850

Actions (login required)

View Item View Item