Rancang bangun pencarian berbasis Semantic untuk data kepegawaian menggunakan metode Cosine Similarity

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfalakhi, Rifky Firdaus (2023) Rancang bangun pencarian berbasis Semantic untuk data kepegawaian menggunakan metode Cosine Similarity. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifky Firdaus Alfalakhi_H06216021.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT. Kecap Kenari merupakan salah satu perusahaan pemasok distribusi brand Kecap Kenari. Karyawan pada PT. Kecap Kenari memiliki tugas, latar belakang pendidikan, dan keahlian yang berbeda. Peneliti melakukan observasi pada PT. Kecap Kenari, ditemukan bahwa pencarian data karyawan masih bersifat manual berdasarkan keyword saja. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan fitur yang memungkinkan dalam pencarian data selain berdasarkan keyword juga berdasarkan persamaan makna semantik keyword. Sehingga hal ini dapat mendukung pencarian data dengan lingkup pencarian yang lebih lengkap. Beberapa tahapan utama dalam pencarian data pada penelitian ini adalah tahap preprocessing text, tahap pencarian makna semantik keyword, dan tahap pencocokan string. Pada tahap preprocessing text memanfaatkan library PHP Sastrawi untuk menormalisasikan teks, tahap pencarian makna semantik menggunakan library PHP Satria/Synonim Antonym, sedangkan pencarian data pegawai menggunakan metode Cosine Similarity sebagai teknik pencocokan string untuk mengetahui tingkat kemiripan antara data pegawai dengan keyword dan makna semantik keyword yang digunakan. Hasil dari penelitian ini, bahwa sistem berhasil normalisasi teks, menemukan makna semantik keyword, dan menemukan tingkat kemiripan data yang dicari dengan cosine similarity, serta penyajian data yang diurutkan dari tingkat kemiripan tertinggi, sehingga dapat memudahkan pengguna dalam membaca output system terkait pencarian data pegawai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfalakhi, Rifky Firdausfirdausrifky670@gmail.comH06216021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id2026108801
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Subjects: Manajemen Informasi
Keywords: Pencarian Data Semantik; Cosine Similarity.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:21
Last Modified: 03 Oct 2023 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65856

Actions (login required)

View Item View Item