Problematika Guru PAI dalam proses evaluasi pembelajaraan melalui Media Live Worksheets di SMPN 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yatunnaafi'ah, Alfi (2023) Problematika Guru PAI dalam proses evaluasi pembelajaraan melalui Media Live Worksheets di SMPN 5 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfi Yatunnaafi'ah_D71219059 OK.pdf

Download (911kB)

Abstract

Problematika Guru PAI dalam evaluasi pembelajaran dengan menggunakan Live Worksheets merupakan segala permasalahan Guru PAI saat pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa permasalahan yaitu (1) Penggunaan Live Worksheets untuk evaluasi pembelajaran di SMPN 5 Surabaya. (2) Perbandingan penerapan evaluasi pembelajaran menggunakan Live Worksheets dengan metode evaluasi pembelajaran konvensional di SMPN 5 Surabaya. (3) Problematika Guru PAI dalam menggunakan Live Worksheets saat proses evaluasi pembelajaran PAI di SMPN 5 Surabaya.
Penelitian ini masuk dalam jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang telah terkumpul merupakan hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan data melalui responden yang telah melalui tahap pertimbangan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan Live Worksheets untuk evaluasi pembelajaran di SMPN 5 Surabaya biasanya digunakan Guru PAI sebagai media penilaian tes formatif dalam bentuk ulangan harian menggunakan perangkat elektronik berupa smartphone dan tablet. (2) Perbandingan penerapan evaluasi pembelajaran menggunakan Live Worksheets dengan metode evaluasi pembelajaran konvensional di SMPN 5 Surabaya cukup signifikan. Dengan menggunakan Live Worksheets dapat lebih efektif dan efisien waktu serta tenaga. Pelaksanaan ulangan harian akan lebih praktis sekaligus menghemat kertas dan dapat dilakukan secara jarak jauh. Berbeda dengan menggunakan metode evaluasi konvensional yang masih menggunakan kertas dan mengharuskan guru, siswa, dan media pembelajaran berada dalam satu tempat. (3) Problematika Guru PAI dalam menggunakan Live Worksheets saat proses evaluasi pembelajaran di SMPN 5 Surabaya lebih sering muncul dari siswa. Guru harus mengupayakan yang terbaik pelaksanaan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Permasalahannya terletak pada jaringan internet yang tidak stabil, spesifikasi smartphone yang kurang mumpuni, dan penyimpanan nilai di aplikasi Live Worksheets yang hanya bertahan satu bulan saja. Setelah itu akan hilang secara otomatis jika pemilik akun tidak mengaktifkan fitur premiumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yatunnaafi'ah, Alfialfiyatun572@gmail.comD71219059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Guru
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Evaluasi Pembelajaran; PAI; Live Worksheets
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfi Yatunnaafi'ah
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:28
Last Modified: 11 Oct 2023 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65872

Actions (login required)

View Item View Item