Studi komparasi puasa dalam gereja kristen ortodhox paroki wafatnya sang theotokos Magersari Mojokerto dan gereja katolik gembala yang baik Jemur Andayani Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Husnun (2023) Studi komparasi puasa dalam gereja kristen ortodhox paroki wafatnya sang theotokos Magersari Mojokerto dan gereja katolik gembala yang baik Jemur Andayani Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husnun Mufidah_E72219042 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Puasa merupakan ritual keagamaan yang dilakukan pemeluk agama di dunia dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan, puasa dilakukan dengan tata cara, pelaksanaan, dan jumlah hitungan puasa yang berbeda antara ajaran agama dengan agama yang lainnya. Puasa merupakan salah satu bentuk ritual agama yang meningkatkan kualitas spiritua manusia dan sebagai wahana penyucian diri. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pemaknaan dan pelaksanaan puasa menurut jemat dalam Gereja Kristen Ortodhox Paroki Wafatnya Sang Theotokos Magersari Mojokerto dan Gereja Katolik Gembala Yang Baik Jemur Andayani Surabaya. Penelitian ini dilakukan di Mojokerto dan Surabaya dengan informan jemaat di gereja. Fokus penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi agama yang bertujuan untuk memahami fenomena yang terjadi pada jemaat saat sedang melakukan puasa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat persamaan makna dan praktik puasa dalam Gereja Ortodhox dan Katolik. Persamaannya terdapat pada definisi, tujuan, perintah, sedangkan dalam Gereja Ortodhox pemaknaan puasa sebagai tindakan sukarela dan melepaskan duniawi, sedangkan dalam Katolik makna puasa dan pantang sebagai penyangkalan diri dan pertobatan atau tanda mempersatukan diri dengan Yesus Kritus. Dalam pelaksanaannya Ortodhox dan Katolik mempunyai perbedaan dalam hal tradisi, seperti pada waktu puasa, tata cara, pelaksanaan dan manfaat dari puasa itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Husnunhusnunmufidah123@gmail.comE72219042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Budaya - Agama
Gereja
Puasa
Keywords: Puasa; Ortodhox; Katolik.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Husnun Mufidah
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:34
Last Modified: 11 Oct 2023 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65875

Actions (login required)

View Item View Item